Ulas Air Cooling Cryorig R1


Share

Sebelum kita ulas lebih lanjut, Kita kasih tau dulu kalo harga Cryorig R1 ini berada di 1 juta rupiah. Cukup oke dari segi budget karena gak kemahalan dan ga bisa di bilang murah juga, tengah2 lah harga nya. Lanjut ke ukuran dari Cryorig R1 ini, HSF ini bisa kita bilang HSF yang berukuran jumbo, kenapa? Ya liat aja nih, ‘GEDE’ kan? Tinggi HSF ini mencapai 20cm, jadi pastiin kalo mau pasang ini HSF casing nya muat ya. Cryorig R1 support sampai tripple fan, tapi yang di dapat disini hanya dual fan aja, masing2 bawaan nya adalah berukuran 140mm atau 14cm, kalo mau tambahin fan lagi, udah dapet kok bracket fan tambahan nya.

Gak cuma tinggi dan jumbo ukuran nya, cryorig R1 juga jelas memiliki berat yang bener2 cukup berbobot, 1.2Kg, ya wajar sih secara HSF nya aja segede ini. Ga usah mikirin Cryorig R1 ini kompetibel atau ngga sama motherbard kalian, karena baik intel ataupun AMD udah support banyak. Mulai dari LGA 775, 115x, 1136, dan 2011. Juga AM series, ataupun FM series untuk AMD.

Dengan ukuran sebesar ini, Kalian juga ga perlu takut kalo HSF ini bakalan ganggu atau mentok ke RAM Kalian, karena ini udah di design sedemikian rupa lah biar si HSF gak mentok ke RAM nya, jadi dia agak mundur gitu. Jadi, no RAM limit untuk Cryorig R1 universal ini. Total heatpipes yang ada di Cryorig R1 ini ada 7 buah, yang dimana heatpipes nya ini full contact terhadap fan dan juga heatsink nya.

Cara pemasangan yang ga sulit juga tentunya jadi nilai plus untuk HSF ini, Kalian tinggal pasang backplate pada bagian belakang, pasang bracket nya, intel atau AMD, lalu tinggal di baut deh, ngebautnya ga perlu kesusahan, soalnya tinggal masukin aja obeng dari cryorig lewat atas heatsink. Inget, jangan terlalu kenceng muter baut nya, biar processor gak begitu ketekan dan mencegah terjadinya kebengkokan pada bagian cooler atau processor itu sendiri. Pastikan udah terpasang dan ga bisa di cabut aja itu udah cukup.

Nah untuk testing, Kalian udah coba untuk bikin core i5 6600k full load dalam keadaan stock, yaitu 3,5ghz, dan juga dalam keadaan OC di 4,5ghz. Kita test pada AIDA64 extreme untuk CPU Stability test, dan juga MSI Kombustor untuk CPU burner. Dari hasil test kedua software ini sih hampir sama hasilnya, dan Kita bilang ini bener2 adem untuk sebuah HSF, dan worth it banget. Untuk stock clock dalam posisi idle kita mendapatkan 24’C aja untuk Cryorig R1 Universal ini, sementara dalam posisi full load, kita mendapatkan 51’C untuk full load dalam posisi stock clock. Dan untuk OC di 4,5Ghz. Idle nya kita dapet 31’C dan full load nya adalah 63’C. Kita juga mau kasih tau kalo HSF ini gak berisik atau noise nya hampir ga berasa.

Artikel Terkait: