Ulas ASUS Maximus VIII Formula


Share

Salah satu motherboard kelas atas dari ASUS, yaitu seri MAXIMUS Formula VIII ini hadir dengan socket Intel 1151. Yang dimana itu di peruntukan untuk processor intel generasi ke-6. Seperti pendahulu2 nya, seri MAXIMUS ini memang di peruntukan untuk enthusiast user dan juga overclockers. Karena dengan chipset Z170 dan fitur2 yang di berikan oleh ASUS ini memang di target kan untuk memberikan performance yang maksimal kepada Intel generasi ke-6 atau biasa kita sebut skylake.

Namanya juga seri kelas atas dan eksklusif, pasti nya motherboard ini memiliki banyak fitur yang dapat kita gunakan. ASUS Maximus VIII Formula menghadirkan Lighting RGB pada sisi sisi motherboard nya yang di sebut ROG Armor. ASUS menyebut nya Lighting nya ini Aura RGB. Motherboard ini juga di lengkapi dengan LAN guard, dimana LAN yang berfungsi mengurangi terjadinya high latency saat kita bermain game online, dan yang pasti ini udah gigabit. Selain LAN, motherboard ini sudah tertanam WIFI Intel 802 11ac dengan dukungan MU-MIMO.

ROG Armor ini sebenernya bukan lapisan body biasa, di dalam nya ini terdapat yang namanya CrossChill EK Cooling. Jadi itu tuh sebuah hybrid cooling block, itu fungsi nya untuk memberikan ruang lebih untuk pendingin yang kita pakai. Baik itu air cooling maupun water cooling. CrossChill EK ini emang di harapkan bisa ngasih kestabilan suhu yang lebih untuk sistem yang kita gunakan.

Di bagian motherboard ini juga kita ngeliat kalo ada power dan reset button, ini berguna untuk yang suka OC dan menggunakan bench table seperti ini. Selain itu, untuk storage slot kita mendapatkan 8 buah SATA, dimana 2 nya ialah SATA Express. Disini juga kita mendapatkan slot M.2 dan juga U.2. Di bagian backpanel, kita bisa melihat ada USB 3.1 type C, juga ada tombol untuk reset bios secara instan. Tambahan terakhir ialah external audio panel, yang dimana Kalian bisa pasang pada slot 5,25” di casing Kalian. Di external Audio panel ini kita akan mendapatkan volume knob dan juga audio port. Kalian bisa ngedapetin motherboard ini dengan harga sekitar Rp. 6.245.000,- kalo emang Kalian pingin pake motherboard ini, harga yang di cek adalah harga bulan juni 2016 dan harga bisa berubah sewaktu waktu.

Artikel Terkait: