Ulas ASUS X99 ROG STRIX Gaming


Share

Kita udah dapet motherboard ini cukup lama, dan agak susah banget untuk muter2 cari processor nya. Jadi Ulasan nya baru muncul sekarang. Setelah Kita mendapatkan Intel Core i7 6900K , akhirnya Kita bisa cobain motherboard X99 dari ASUS ROG STRIX ini. Iya mungkin beberapa dari kita udah tahu kalau X99 itu sampai sekarang masih masuk ke dalem kelas sultan untuk motherboard, karena 1 mobo nya mahal kedua, processor nya juga mahal.

Kita mau bahas Motherboard dengan chipset Intel X99 dan socket LGA 2011 v3 ini, mulai dari paket kelengkapan nya.

Soal packaging, seri ROG STRIX ini menurut Kita masih di bawah seri Rampage V extreme. Karena kalo kita liat isi box nya, mobo ini di kemas begitu standard meskipun dengan perlengkapan yang sangat banyak. Kita mendapatkan beberapa kabel sata, sli bridge, tapi ini sli bridge yang lama, antena wifi, IO panel, buku panduan, kabel ties, sticker ROG, dan power konektor.

Meskipun kita bisa nilai bahwa kemasan nya gak begitu eksklusif, tapi motherboard ini punya banyak fitur eksklusif.

Pertama udah pasti AURA effect, pada X99 ini fitur lighting RGB ada pada bagian shield dan juga pada setiap slot pci express. Tentu ini bisa kita atur pada software AURA, sticker ROG yang kita dapat tadi ialah sticker yang glowing, dimana itu untuk di tempel pada shield atau heatspreader chipset motherboard ini. Masih soal RGB lighting, kita juga mendapatkan 1 slot extention cable untuk memasang LED Strip, sayang nya ASUS gak ngasih LED strip nya sekalian. Jadi kita perlu beli lagi, atau bikin DIY seperti yang Kita pakai ini.

Pemilihan motherboard emang harus nya berjangka panjang, jadi meskipun banyak slot yang gak kepakai, mungkin aja suatu saat kita butuh?

Contoh nya seperti USB Type A dan Type C ini. Pasti masih jarang banget yang pakai disini, tapi suatu waktu pasti ini akan kepakai banget. Dan juga WiFi Kalo rumah Kalian kebetulan internet kabel lagi mati, dan ada area wifi id untuk konek internet, jadi kita masih tetap bisa internetan ya atau engga tathering dari hp. Slot M.2 dan U.2 yang udah mensupport NVME, buat Kalian yang buruh storage system yang kenceng. Seperti biasa, X99 menghadirkan 8 slot untuk RAM, dengan maksimum 128GB dual ataupun quad channel. Nah Slot PCI-E nya kan banyak nih, udah pasti support multi GPU, tapi untuk SLI hanya support sampai 3-way aja untuk mobo ini. Kecuali untuk crossfireX. Oiya, slot SATA yang kita dapatkan itu ada 8 buah, USB 3.0 8 buah, USB 2.0 8 buah, dan USB 3.1 2 buah.

Enak nya pakai mobo mahal ya gitu, semua rasanya udah di sediain 1 paket onboard, bahkan dengan kualitas yang bagus.

Seperti Networking nya yang menggunakan Intel Ethernet dengan fitur GameFirst, sebenernya gak gitu terasa..tapi seengga nya fitur ini mencegah terjadinya loss latency, terutama pada saat gaming. Juga SupremeFX dan Sonic Radar II, ini adalah Audio yang kita dapatkan dari motherboard ini, tapi inget, soundcard yang baik harus di dukung dengan output audio yang baik juga. Motherboard ini mendapatkan tombol power dan juga reset button pada bagian bawah, dan juga tombol memOK di bagian atas.

sayang nya mobo ini belum menggunakan full body shield, dan tombol2 tersebut sedikit gak keliatan karena terlalu kecil. Tapi overall soal performance? Kita rasa ga perlu tanya lagi soal chipset X99.

Artikel Terkait: