Ulas Cara Mengatur Frequency dan XMP Profile “Corsair Dominator Platinum DDR4”


Share

Nah oke, kita ulas sedikit dulu mengenai RAM ini. Corsair Dominator Platinum ini adalah salah satu seri kasta tertinggi untuk RAM corsair, RAM ini berada di harga Rp. 1.785.000,- harga yang Kita cek ini adalah harga di april 2016.

Anyway, Dominator yang Kita pakai ini adalah yang DDR4. Tepat nya yang 2 x 8GB, alias 16GB. Corsair Dominator platinum ini memberikan kita heatsink yang udah jadi khas nya dominator banget. Bagi yang belum tau, corsair ngasih nama nya itu dominator DHX cooling technology. Heatsink ini mampu menahan panas secara langsung ke PCB si RAM nya. Sehingga RAM ini akan jadi lebih adem. Model RAM seperti ini pastinya di peruntukan buat yang suka overclock. Jangan khawatir, RAM ini udah support XMP profile kok, jadi kalo Kalianmau OC bisa hanya dengan 1x klik aja.  Nah, RAM yang Kita pakai ini punya frequency sebesar 3000Mhz. Dan kalo Kita liat, masih ada beberapa di sekitar kita yang agak bingung, kenapa frequency RAM yang dia pakai ga sesuai sama yang dia punya. Kita kasih contoh di DDR4, karena yang Kita pakai adalah DDR4.

Seperti yang udah Kita bilang tadi, RAM Kita ini frequency nya 3000Mhz, lalu kenapa kok running di 2133Mhz? Karena secara default. DDR4 berjalan di 2133Mhz. Simple nya seperti itu, jadi yang harus di lakukan apa biar sesuai? Ya di sesuaikan profile nya. Cara nya seperti ini.

Kalian masuk ke BIOS dari motherboard Kalian, disini Kita pakai MSI Z170A Gaming M7. Secara garis besar, cara nya hampir sama kok. Paling untuk motherboard lain cuma beda tampilan bios nya aja. Nah, Kalian bisa nyalain XMP profile Kalian pada bagian ini, atau Kalian masuk ke menu ini dan pilih enable. Setelah di enable, maka disitu akan tertulis otomatis timing dan juga frequency dari RAM Kalian. Setelah itu tinggal save deh.

Kalo ternyata hasil nya gak berubah jadi 3000Mhz, kayak gini nih contoh nya. Kalian bisa pakai cara lain selain XMP profile. Sekarang Kalian disable XMP nya, lalu kita sesuaikan secara manual profile dari RAM ini. Disini profile dari dominator platinum yaitu 15-15-17-35 dengan voltase 1.35V dan frequency 3000Mhz. Kalian bisa cek di RAM nya untuk cari tau profile nya, biasanya tertulis kayak gini.

Nah lanjut, yaitu pilih DRAM Frequency, karena RAM ini 3000Mhz, maka kita coba ganti sesuai dengan profile nya yaitu 3000Mhz. Lanjut lagi ke bagian timing, setting nya ada di posisi ini, kalo ga ngerti apa maksud dari huruf huruf ini gapapa, biasanya urutan nya dari atas ke bawah. Jadi kita isi disini 15, 15, 17, dan 35. Biarkan yang lain secara default, karena kita lagi ga ingin untuk OC yang lebih extreme. Dan terakhir, kita atur voltase sesuai dengan voltase RAM ini, yaitu 1.35V.

Udah beres, Save dan reset dan boom, RAM ini udah berjalan 3000Mhz sesuai dengan yang tertulis di RAM nya. Kalo Kalian cek lewat CPU-Z, DRAM Frequency akan tertulis ½ nya. Jadi kalo 3000Mhz akan tertulis 1500, jadi jangan panik dan ngira kalo RAM nya rusak ya.

Artikel Terkait: