Ulas Custom Water Cooling


Share

di video youtube water cooling nya sudah jadi, tapi Kita akan kasih liat proses perakitan dan juga apa aja yang kita siapkan sebelum rakit custom water cooling ini. Disini Kita nyiapin macem-macem perlengkapan. Jadi, yang kita pasang water cooling adalah Processor dan juga VGA card nya. Kita siapin 1 buah pump disini, jadi ini buat nyembur air nya gitu deh simple nya. Nah sebagai selang nya, Kita pakai pipa akrilik tube kayak gini, tentunya setiap aliran air akan lewat ginian nih nanti. 2 buah radiator berukuran 240mm beserta 4 buah fan, ada spiral reservoir nya juga disini untuk nampung air nya. Dan pastinya ada waterblock untuk processor dan juga waterblock untuk VGA card,

Nah semua part ini di pasang pada casing thermaltake core P5, casing ini emang di peruntukan untuk kita-kita yang mau pakai custom water cooling. semua dari komponen water cooling nya pastinya ada di seluruh bagian casing ini. Spesifikasi yang di gunakan untuk PC ini adalah ASUS Maximus VIII Formula dengan processor Intel Core i7 6700K , juga ada RAM Avexir Raiden Green Tesla DDR4, ini RAM belum di jual di pasaran, dan katanya sih baru akan di pamerkan di computex nanti. Untuk VGA card Kita pakai iGame GTX 980 Ti Custom. Disini Kita juga pakai water block untuk VGA card nya dari iGame, untuk processor, waterblock yang Kita gunakan itu dari Byski. Power supply yang di pakai adalah XFX XTR 750W,cterakhir ialah 1 buah SSD galax gamer dan WD Blue 1TB.

Perakitan custom water cooling itu gak instan, butuh waktu banyak, butuh kesabaran, harus teliti juga. Kalo gak teliti, bisa bisa ada kebocoran pada bagian tertentu yang bisa jadi bahaya buat komponen2 PC kita. Pipa akrilik ini juga awal nya lurus, kita ngebengkokin pipa akrilik ini dengan cara di panasin, dan pipa acrilyc juga harus dimasukin oleh silicon tube yg tahan panas sampai 250 derajat celcius dan diameter silicon ama pipa harus sama, kita disini menggunakan pipa dengan diameter 10 mm, silicon tube digunakan untuk membentuk agar lengkungkan pipa mulus.

Kita bengkokin dan di sesuain deh sama jalur yang kita pingin. Bagian ini juga harus di lakukan dengan hati-hati, salah dikit lekukan pipa bisa gak pas, terlalu panas juga bisa meleleh nanti. Pada pemasangan nya harus bener-bener hati-hati, setiap siku harus di pasang kenceng biar ga ada bocor.

VGA Card disini di pasang menggunakan pci-express extender ya bagi yang belum tau, biar posisi nya bisa kayak gini. Untuk motherboard sih di pasang berdiri seperti biasanya. Aliran air ini di mulai dari reservoir ini, kemudian melewati VGA card, lalu ke processor, baru di lanjut ke radiator terus balik lagi ke pompa dan reservoir, begitu terus deh muter – muter, ini biasa di namain sistem looping.Oiya, cairan liquid yang Kita pake ini ialah thermaltake c1000 green. Ini sebenernya ada bermacam macam warna. Kalo Kalian jago mainin warna, Kalian bisa campur2 untuk hasilin warna yang Kalian mau. Kalo Kalian kepingin coba bikin custom water cooling, Kalian bisa pake cairan seperti ini, sebenernya air radiator mobil atau air biasa gitu juga ya bisa aja, cuma gak di sarankan karena bisa nimbulin karat, bisa aja sih tapi ga rekomended.

Untuk PC yang kebutuhan nya di pake sehari hari biasa aja sih emang ini udah terlalu over ya, tapi bisa dibilang yaaini sebagai seni dari pada perakitan PC lah. Soal suhu pun sebenarnya mirip2 dengan AIO liquid cooling yang udah banyak beredar untuk temperatur processor nya, dan untuk temperatur GPU nya sih disini Kita nilai adem banget dengan suhu yang di hasilkan, tapi balik lagi ke soal yang tadi. Selain performance, ini adalah seni dari perakitan PC.

Perawatan nya juga sekarang gak rumit amat kok, kalo air radiator nya sisa sedikit, Kalian cuma tinggal tambahin air radiator nya aja.

Artikel Terkait: