Ulas Galax GTX 980 Ti HOF GOC


Share

Pertama tama pasti kita cek harganya terlebih dahulu. VGA card ini berada di harga 9,9juta rupiah. Oiya, GALAX seri HOF ini adalah seri tertinggi untuk tipe tipe VGA card dari galax, dan HOF GOC ini adalah yang paling terbaru. Setelah sebelumnya yaitu versi GOC LN2. Mulai kepada tampilan kemasan dari 980 Ti HOF GOC ini. Untuk kemasan jelas terlihat kalo VGA ini emang VGA yang di kemas secara eksklusif. Di dalam kotak nya kita akan mendapatkan 1 buah DVI adapter, beberapa converter pci-e > molex , user manual, cd driver, dan pastinya GALAX GTX 980 Ti HOF GOC.

Untuk tampilan dari VGA card ini, GTX 980 Ti HOF GOC mempunyai ukuran yang sangat besar. VGA ini gak panjang, tapi tinggi banget, bahkan PCB dan juga Cooler nya pun melebihi slot ekspansi dari si VGA nya itu sendiri. Di bagian belakang juga terdapat backplate dengan design dari aluminium yang membuat VGA card ini jadi terlihat semakin gagah. Ada backlight juga berwarna putih disini, agar VGA card semakin terlihat lebih elegan lagi pastinya.

Pada bagian belakang, tepat nya pada konektor display. Kita mendapatkan 3 buah display port, 1 buah HDMI, dan juga 1 buah DVI. Di samping nya juga terdapat tombol OC button, untuk overclock secara instan.

Berbeda dengan versi refferance, VGA card ini menggunakan 3 x 8pin untuk kontektor power nya. Oiya, VGA ini membutuhkan PSU minimal 600W, tetapi Kita saran kan lebih dari ini biar gak pas pasan banget, karena pada saat posisi load VGA ini bisa memakan daya sampai dengan 500W, terutama pada saat kondisi OC. Kalo Kita disini pakai Antec High pro current 1000W.  Kita nanti akan liat perbandingan antara 980 Ti refferance, HOF GOC, dan juga HOF GOC jika di OC lagi. Kalo kita lirik lagi ke bagian lain nya, kita akan menemukan beberapa LED indikator disini.

Nah lanjut ke spesifikasi dari GALAX GTX 980 Ti HOF GOC ini. VGA card ini memiliki core clock yang lumayan jauh lebih besar di banding kan dengan versi yang refferance. Memiliki 1203 Mhz core clock, dan 1364 Mhz boost clock. Juga memiliki memory clock sebesar 1753Mhz. Dan sekali lagi kita bilangin, ini sudah di OC dari GALAX nya, dan nanti kita akan coba untuk OC lagi.

Sekarang adalah cari tau performa dari 980 Ti HOF GOC ini. Sebelum di OC, kita tes dulu suhu nya pada kondisi stock clock. Disini kita mendapatkan suhu 29’C untuk idle, dan 66’C untuk full load nya.

Kita overclock VGA ini menggunakan MSI Afterburner, dengan setting +50mv , power limiter +112, core clock +60, memory clock +565, dan fan speed manual 80%. Ini adalah hasil setting maksimum yang Kita dapetin untuk VGA ini, disini posisi Vcore belum di custom. Kalo Kalian expert di bidang OC,  Mungkin kalian bisa OC lebih jauh lagi dari ini.

kita tes gimana performa nya pada kondisi stock clock dan juga pada saat kondisi OC pasti nya. Disini Kita benchmark dengan 3dmark fire strike ultra, GTA V, The Division, dan juga The Witcher 3. Kita tes VGA card ini menggunakan intel core i7 6700k pada posisi OC di 4,8Ghz, MSI Z170A Gaming M7, Avexir Blitz Red 16GB, GALAX HOF SSD 512GB, dan PSU Antec High Current Pro 1000W. Untuk 3dmark, Kita pakai fire strike ultra seperti yang Kita bilang tadi. Hasil yang menarik disini kalo kita liat jika di bandingkan dengan 980 Ti Refferance. 980 Ti HOF GOC memberikan kita score sebesar 4446 untuk stock clock, dan pada posisi OC mendapatkan score 4878 , sementara gtx 980 Ti refferance mendapatkan score 3780, good job galax.

Selanjutnya adalah GTA V, untuk settingan graphic nya kita pakai kayak gini. Pada settingan yang bisa kita bilang cukup gila, plus resolusi 4K, galax 980 Ti mendapatkan FPS rata – rata 36 pada kondisi stock clock. Dengan minimum FPS 29. Pada kondisi OC, kita mendapatkan FPS rata2 yang cukup baik juga disini, yaitu rata2 41 fps dan minimum 34fps . Dan yang kita suka adalah, VGA ini ga ngasih dropping FPS yang jauh kalo lagi ada ledakan atau asap asap gitu.

 

Sekarang adalah The Division, untuk Division ini Kita pakai settingan kayak gini. Kalian liat sendiri deh gimana ini hasil nya, ini masih dalam posisi stock clock. Dan untuk OC .rata2 fps yang kita dapatkan adalah 44. Selain bikin performance jadi jauh lebih baik, seperti yang Kita bilang tadi, VGA ini bisa nahan dropping FPS, minimum FPS yang di hasilkan gak begitu jauh dengan rata rata FPS yang kita dapatkan.

Dan terakhir adalah The Witcher 3. Dengan setting ultra, rata kanan disini. Kita masih mampu untuk main playable di 30 FPS, tanpa OC di lagi loh in .dan jika di OC lagi, tentu hasilnya lebih kecee. FPS rata rata yang di dapatkan adalah 36 FPS.

Dari hasil test ini kita bisa menyimpulkan bahwa GALAX GTX 980 Ti HOF GOC ini memiliki price per peformance yang sangat- sangat baik, di bandingkan 980 Ti lainnya. Dan sekali lagi. good job buat GALAX Hall of Fame!

Artikel Terkait: