Ulas Headsets Gaming Corsair Void RGB ‘Yellow Jacket’


Share

Pertama pastinya kita ngecek harganya dulu. headset ini berada di harga Rp. 1.795.000,- , ini karena yang kita ulas adalah Void RGB Special Edition, yaitu Yellow Jacket. Kalo Void RGB yang biasa itu berada di harga Rp. 1.450.000,- . Perlu di ketahui, kalo Corsair VOID ini emang hadir untuk beberapa versi, ada yang USB, ada yang wireless, stereo dan ada yang special edition seperti ini. Untuk Void RGB Yellow Jacket ini tipe nya adalah wireless dengan body berwarna hitam kuning khas dari corsair gaming.

Pada bagian headband, headset ini juga di lengkapi dengan bantalan busa microfiber pada bagian dalam nya. Bahan yang lembut bikin nyaman di kepala kita, apalagi kalo di pake untuk gaming dengan durasi yang lama. pada bagian slidernya di sebelah kiri dan kanan juga dilengkapi dengan garis-garis indikator untuk melihat seberapa panjang nya ukuran slider yang sedang digunakan, sehingga dapat kita ingat dengan mudah ukurannya apabila suatu saat ada yang mengubahnya. Menggesernya pun dapat dilakukan dengan presisi di setiap step garis ukuran, dan terjamin tidak akan kendur. 

Bentuk earcup dari headset ini tidak bulat, barangnya agak kotak gitu bisa di bilang. Corsair menyebut nya true form shape, dimana earcup ini mampu menutup telinga kita seperti sarung tangan, telinga terasa gak keteken, bantalan microfiber yang tebal juga di pakai untuk earcup nya ini, dan di bagian dalam nya ada microfiber tipis yang berwarna abu abu. Kedua sisi dari luar earcup dilapisi dengan bahan plastik glossy pada area logo ‘sail’ Corsair dimana lighting RGB akan menyala. Earcup ini pun dapat kita putar swivel nya secara horizontal 90° ke arah dalam, saat headset dikalungkan kita bisa menutup earcup ke bagian dalam, dan memamerkan logo Corsair yang menyala-nyala. Fitur swivel ini kembali hadir setelah sebelumnya juga digunakan Corsair pada seri V dan seri H.

di sisi earcup kiri, mulai dari tombol Power On/Off, tombol Mic mute yang terlihat jelas di bagian luar, tepat disamping bagian yang berbahan glossy. Kemudian pada bagian belakang bawah terdapat tombol dial yang bisa ditarik kebawah ataupun keatas untuk mengatur volume dan mode/profil audio. Sedangkan tangkai mic terdapat di sudut bawah depan, tangkai mic ini bisa kita pindahkan ke atas jika tidak sedang digunakan, tangkai mic nya ini juga memiliki bahan yang elastis.

headset ini mampu bertahan selama 16 jam setelah baterai di charge penuh. Sedangkan pada USB Wireless Receiver berfungsi sebagai penghubung headset dengan PC, seperti biasa berbentuk layaknya sebuah USB Flash Disk seperti ini. Untuk versi Yellow jacket ini, corsair juga ngasih tambahan dock USB port nya biar wireless receiver nya lebih terlihat kece.

Dengan kualitas audio real dolby surround 7.1 tentunya bikin headset ini enak banget untuk di pakai ngegame atau nonton film. Kalo ngegame biasanya cocok banget untuk yang main CSGO nih. step kaki bisa lebih jelas kedengernya, jadi lebih ngebantu lah buat nentuin cari musuh kira kira dimana.

Soal kualitas mic, kita akan lanjutin ulasan ini menggunakan mic dari Corsair Void RGB ini. Pada LED yang bagian depan itu berfungsi sebagai tanda mic ini dalam posisi on atau off, sementara yang 1 nya sebagai indicator batre headset ini, kalo nyala warna orange, berarti sisa 20%, kalo nyala nya merah berarti sisa 10%. Kalo ga nyala apa apa, berarti batre masih banyak. Kalo headset nya ga nyala, ya batre nya abis lah…

Efek RGB yang bisa menyala dengan 16,8juta pilihan warna merupakan salah satu nilai plus Gaming Gear produksi Corsair. Dengan hadirnya juga fitur RGB pada headset VOID dan mouse Scimitar, kita bisa men-sinkronisasi efek lighting pada ketiga perangkat (keyboard, headset, mouse) agar dapat menjalankan efek RGB yang se-irama dari  semua lampu antar gaming gear yang terhubung.

Efek RGB ini seperti biasa, setting nya lewat software Corsair Gaming. Atau biasa di sebut Corsair Utility Engine. Kalian bisa setting manual, ataupun pilih profile yang udah ada. Selain setting untuk RGB juga Kalian bisa setting untuk equalizer nya pada Corsair Utility Engine. Dan seperti biasa, Corsair lagi lagi ngasih kita sebuah produk yang bisa kita bilang harga menentukan kualitas dari sebuah produk.

Artikel Terkait: