Ulas Laptop Acer Aspire E5-553G


Share

Beberapa waktu kemarin Ulasan berkesempatan untuk menghadiri acara dari AMD, yang dimana disitu AMD meluncurkan produk terbaru nya bersama Acer. Seri Acer E5-553G ini hadir dengan processor APU terbaru dari AMD, yaitu APU generasi ke-7. Dan Notebook atau laptop yang di luncurkan acer ini seperti nya mengarahkan pasar nya kepada kita-kita yang aktif dalam hal multi tasking ataupun gaming ringan.

Mari kita lanjut ke bagian penampilan sekaligus spek dari Acer E5-553G. Laptop ini mempunyai ukuran 15,6” , tentunya dengan dukungan processor AMD FX 9800P. Processor FX ini ialah processor quad core dengan APU nya yaitu Radeon R7. Memiliki kecepatan sampai dengan 3,6Ghz dengan watt yang gak begitu besar, jadi memungkinkan laptop ini bisa hemat batere. Disini Acer juga memberikan port USB 3.1 tipe C, 2 buah USB 3.0, dan 1 buah USB 2.0. Ketebalan dari laptop ini juga menurut Kita terbilang tipis, Kalian bisa liat sendiri disini bahkan port LAN disini pun di buat compact agar menyesuaikan ketebalan laptop ini. Jangan lupa ada DVD RW, input output audio, dan video output HDMI dan D-Sub.

Untuk keyboard maupun touchpad, ini menurut Kita udah cukup enak di pakai. Respon yang di hasilkan cukup oke dan cepat, sayang nya tombol power laptop ini diletakan di area dekat numlock, tapi nampak nya acer dapat mengatasi hal tersebut. Kalo ketekan, laptop nya gak akan mati gitu aja kok. Mau di tekan berkali-kali juga gak akan efek apa apa, kecuali di tekan beberapa detik.

Nah ini dia, bagian yang Kita suka adalah kalo laptop ini menggunakan SSD dan juga RAM dual channel. Dan akhirnya, selain menggunakan dual channel modul, AMD juga menggunakan tipe memori DDR4 dengan kapasitas 2x4GB dan kecepatan 2133Mhz.

AMD APU emang akan lebih optimal jika menggunakan RAM dual channel dengan kecepatan yang tinggi. Di tambah lagi dengan adanya SSD sebesar 128GB agar sistem kita semakin lebih cepat untuk load, copy, ataupun writing.

Fitur lain nya yang Kita suka ialah fitur dual graphic, apa itu dual graphic? Jadi gini, selain APU. Acer E5 553G ini juga menggunakan VGA card lagi, yaitu Radeon R8 M44 DX dengan VRAM 2GB GDDR3. Nah, fitur dual graphic ini itu kasar nya menggabungkan 2 performance dari si APU dan juga si GPU nya itu. Kurang lebih sama seperti crossfireX, beda nya yang di gabung ini bukan kedua GPU yang sama. GPU ini juga udah mensupport encoding H.265, jadi kita bisa setel video 4K dengan smooth.

Sekarang adalah bagian yang kita tunggu, yaitu testing. Testing kali ini, pertama kita akan test fitur Sound nya, yaitu Acer True Harmony, selanjutnya ialah gaming, dan editing pada adobe premiere pro cc. Untuk hasil testnya bisa dilihat di youtube dibawah ini.

Artikel Terkait: