Ulas Memory G.Skill Trident Z DDR4


Share

G.Skill adalah produk memori RAM yang dari dulu selalu menghadirkan modul nya dengan kecepatan yang tinggi. Seri Triden Z DDR4 ini dengan kecepatan frequency hingga 4133Mhz. Bahkan kabar nya, overclocker asal Taiwan mampu meng-overclock RAM ini sampai ke 5000Mhz dengan bantuan liquid nitrogen.

Saat ini, seri Triden Z juga udah hadir dengan versi 4266 Mhz, tetapi hanya hadir untuk 16GB aja, tepat nya ialah 2x 8GB karena tipe RAM ini ialah dual channel. G.Skill Triden Z bisa kita dapatkan dengan kecepatan mulai dari 3200Mhz sampai dengan 4133 Mhz. Dan tentu, memory dengan frequency sebesar ini memiliki voltase yang lebih besar dari biasanya. Umumnya DDR4 ialah 1.2V, dan untuk menjalankan RAM ini, kita membutuhkan 1.4V.

Selain soal kecepatan frequency, Triden Z juga memberikan kita timing 19-25-25-45. Pastinya juga RAM ini udah punya fitur XMP 2.0 sehingga kita bisa gak susah untuk naikin frequency nya. Akan tetapi, untuk menggunakan RAM ini kita memerlukan komponen pendamping yang mumpuni, ini karena gak semua processor bisa ngejalanin memori dengan kecepatan setinggi ini. Selain processor, motherboard juga berpengaruh. Disini Kita menggunakan Intel Core i5 6600k dengan motherboard ASUS Maximus VIII Formula, dan ini berjalan dengan baik. Berikut adalah frequency yang dapat G.Skill Trident Z pakai beserta CL Timing dan juga voltase nya.

Dengan spesifikasi kayak gini, G.SKILL sekali lagi menunjukkan bahwa mereka gak main-main dengan kualitas produk mereka. Untuk bisa menghasilkan memori dengan spesifikasi tersebut gak gampang karena mereka harus melakukan proses binning untuk menemukan IC yang bisa berjalan di spesifikasi setinggi itu. Kehadiran memori ini akan sangat membantu enthusiast user yang kepingin bikin sebuah sistem peforma tinggi untuk kebutuhan mereka.

Untuk overclocker sendiri memori seperti ini bisa ngembantu banget saat melakukan overclocking yang berkaitan dengan memori. Tegangan default yang gak terlalu besar ditambah penggunaan IC Samsung yang dikenal bisa menerima tegangan tinggi membuat memori ini memiliki tingkat overclock yang cukup tinggi. Tentu saja kualiats IC juga akan sangat mempengaruh hasil overclock karena gak semua IC bisa menghasilkan peforma yang sama. Kalian bisa ngedapetin RAM ini dengan harga Rp. 1.450.000,- (bulan Juni 2016)

Artikel Terkait: