Ulas Memory GeiL Super Luce DDR4


Share

Oke, sebelum kita ulas lebih lanjut, Kita perlu kasih tau dulu kalo GeiL ini sebenarnya udah cukup di kenal di berbagai macam negara. Cuma, untuk di Indonesia mungkin baru kali ini hadir. GeiL Super Luce adalah RAM DDR4 seri tertinggi yang GeiL punya, gak nanggung nanggung, Super Luce memberikan kita kecepatan 3600Mhz untuk tipe RAM kit dual channel 8GB, atau quad channel 16gb

Di jajaran pasar memory, harga dari GeiL ini terbilang murah untuk RAM berkecepatan tinggi dan juga memiliki heatspreader. Dan sebenernya untuk yang PC28800 atau 3600Mhz ini belum ada di Indo, dan thanks untuk GeiL karena udah kasih sample RAM ini ke Ulasan. Selain itu, GeiL juga memberikan kita IC SAMSUNG untuk RAM yang bisa kita bilang murah ini.

Fitur unik dari modul memori ini adalah fitur iLuce Thermal-beaming Technology, yang memungkinkan memori memberikan informasi terkait suhu operasi ke pengguna melalui lampu LED. LED di modul memori ini akan berkedip dengan intensitas sesuai dengan suhu operasi memori. Semakin tinggi suhu, kedipan LED dengan efek breathing akan semakin cepat.

Meskipun GeiL juga memproduksi tipe RAM DDR3, namun nampaknya GeiL emang memfokus kan untuk DDR4. Gak heran kenapa GeiL mau fokus ke DDR4, karena kita juga tahu kalo kedepan nanti DDR4 akan lebih sering di pakai. Untuk Super Luce yang Kita pakai, RAM ini memiliki timing 17-18-18-38 dengan voltase 1.35V. RAM ini juga udah memiliki fitur XMP Profile 2.0 sehingga kita bisa dengan mudah untuk mengatur timing & frequency nya melalui fitur XMP di bios.

Perbedaan frequency RAM jika di ukur ukur sebenernya gak memiliki peningkatan yang signifikan, baik itu 2133Mhz ataupun 3600Mhz, terutama jika hanya menggunakan PC untuk keseharian biasa aja. Ini di karenakan memang perbedaan nya hanya dalam hitungan milisecond aja, dan mungkin akan lebih terasa untuk pengguna multi tasking, editing, dan sebagainya yang dimana pekerjaan itu lebih menekan RAM.

Artikel Terkait: