Ulas Monitor ASUS Swift PG278Q ROG


Monitor adalah salah satu komponen yang menurut Kita sering banget di sepelekan sama orang, ya terutama buat yang peduli gak peduli soal smooth graphic. Kita sendiri juga sering beranggapan begitu, tapi dulu Kita beranggapan asal Kita udah punya monitor resolusi sekian, yaudah kelar. Masalah masalah semacam screen tearing gitu kadang masih gak terasa di mata Kita.

Kalo untuk resolusi, sebenarnya semakin besar resolusi otomatis semakin besar ukuran gambar. Jadi sebenarnya itu bukan faktor terbesar dalam hal kualitas gambar dari suatu game atau apapun yang kita liat.

Seperti pada ASUS PG278Q, monitor ini hanya mempunyai resolusi 1440p, atau 2K. Target gaming monitor seperti ini memang bukan untuk resolusi besar, tapi lebih untuk ke kenyamanan mata kita saat gaming agar terlihat lebih smooth. Maka dari itu monitor ini di tanamkan Nvidia G-Sync denga respond 1ms dan maximum refresh rate 144Hz. Sederhana nya, G-sync hampir sama dengan Vsync, beda nya teknologi G-Sync ini di integrasikan untuk mensingkronisasikan refresh rate yang di hasilkan GPU ke monitor ini, yang dimana itu berguna untuk meminimalisir terjadinya screen tearing, biasa kalo kita lock fps dengan vsync di 60 fps misalkan, itu kadang terjadi screen tearing, nah itu karena sync yang di berikan malah jadi hambatan GPU untuk memberikan frame rate, jadi yang ada hasilnya tersendat sendat. G-Sync juga mempengaruhi soal kualitas gambar dari yang Kita rasain, monitor G-Sync membuat gambar nampak lebih hidup sehingga sensasi gaming kita menjadi lebih lagi.

Oiya, perlu Kita ingetin juga, monitor G-Sync hanya berfungsi kalo Kalian menggunakan VGA card Nvidia aja. Kalo Kalian menggunakan Radeon, Kalian bisa cari monitor dengan fitur free sync. Nah terus kalo pake monitor ini tapi VGA nya Radeon, nanti monitor nya bisa nyala apa enggak? Monitor tetep nyala kok, cuma fitur G-Sync nya aja yang gak aktif kan sayang udah beli mahal2 kalo fitur nya gak di pakai. Nah, tadi soal G-Sync nya sekarang kita bahas soal refresh rate.

Refresh rate yang tersedia untuk ASUS PG278Q ini ada mulai dari 60Hz , 85Hz, 100Hz, 120Hz, dan 144Hz. Pilihan refresh rate akan jadi pengaruh dalam hal lock FPS pada Vsync tadi. Kalo Kalian menggunakan 60Hz, otomatis fps yang akan di lock adalah 60, begitupun pada refresh rate seterusnya. Kalo VGA Kalian kelas sultan, yang bisa injek FPS di atas 144 buat main game. aktifin refresh rate 144hz itu gokil banget. Tapi kalo VGA Kalian hanya sanggup untuk memberikan 60an FPS, lock di 60Hz pun udah nyaman banget kok. Bedanya ya jelas kalo 144Hz akan lebih terasa smooth. Selain performance, ASUS PG278Q juga memberikan fleksibilitas dan tampilan yang cukup menarik, kita bisa mengatur posisi horisontal ataupun vertikal pada monitor ini dengan mudah, juga mendapatkan port USB 3.0 yang mungkin ini bisa Kalian gunain untuk colok gaming gear Kalian, dan tambahan terakhir yaitu fitur gameplus, ini berguna untuk mengubah refresh rate hanya dengan 1 tombol aja, misalkan Kalian main game yang agak berat, dan ga bisa lock di 144 FPS, mungkin Kalian bisa turunin ke 60Hz, dan ketika Kalian main game yang lebih enteng dan bisa mendapatkan 144 FPS lebih, Kalian bisa menggunakan 144Hz

Artikel Terkait: