Ulas Monitor Gaming LG 24GM77


Share

Gaming monitor…hmm, sebenarnya apa gaming monitor itu? Simple aja sih, gaming monitor itu ya monitor yang di buat untuk gaming, makanya di namain gaming monitor. Ga cuma itu sih, kebutuhan untuk para gamer itu dari segi monitor ya ga jauh dari kontras, respond, dan juga refresh rate. Kalo ukuran itu relatif, ada yang suka monitor besar, ada juga yang suka monitor kecil.

LG 24GM77 ini punya ukuran 24 inch, sesuai dengan namanya, 24. Memiliki resolusi Full HD atau 1080p tentunya memenuhi kebutuhan awal kita untuk gaming. Monitor ini juga memiliki kontras rasio 5juta banding 1, nah semakin memenuhi kebutuhan untuk gaming kan? Refresh rate monitor ini sebesar 144Hz, refresh rate yang besar tentunya akan bikin pengalaman gaming Kita semakin mulus dan oke, tapi refresh rate sebesar ini juga harus di dampingin sama VGA card yang oke juga lho ya, soalnya gini, ketika Kita main di 60Hz seperti biasanya, pas vsync di ON kan, maka fps akan tertahan di 60, meskipun seharusnya berada di atas itu, ini untuk mengurangi yang namanya stuttering, atau kalo kata anak warnet sih “ngefreeze”.

Semakin besar FPS game, semakin mulus jalan nya, seperti yang Kita test aktifkan vsync untuk batman arkham city dan berjalan mulus di 144fps. Kalo VGA Kita bisa nahan FPS di 140an, refresh rate 144Hz pantes buat Kita miliki. Monitor ini memiliki respond yang sangat cepat, 1ms ajaaa. Jangan lupa ada beberapa spesial fitur seperti game mode, default nya udah ada untuk game FPS dan juga RTS, sisanya Kita bisa setting sendiri, juga ada motion 240, DAS mode, banyak lah fitur dari monitor ini. Refresh rate 144hz hanya bisa dipakai kalo Kita menggunakan DVI, untuk HDMI dan yang lain nya, tetap di 60Hz. Respond time yang cepat, 1ms sangat cocok buat Kita, khusus nya yang mainin game FPS seperti CSGO, atau RTS seperti DOTA.

monitor ini punya yang namanya, Auto dynamic sync. Ini mirip2 dengan g-sync dan free sync sih, yaitu untuk mencegah yang namanya screen tering, atau gambar keliatan seperti patah2. Panel IPS LED juga ngelengkapin, biar view angle dari manapun tetep keliatan oke.

Bobot monitor ini cukup berat, tapi its oke, berat asal berkualitas, ga masalah. Stand horizontal dan juga vertikal, buat Kita yang mau atur posisi monitor ini dengan flexible. Intinya sih, ini monitor memang di peruntukan untuk gaming. Monitor ini berada di harga 4,1juta. Jadi siapin isi dompet Kalian untuk punya monitor ini.

Artikel Terkait: