Ulas Motherboard MSI Z170A Gaming M7


Share

Bicara soal motherboard ini berarti kita bicara soal chipset intel z170, chipset z170 itu memang di peruntukan untuk entusias gamer, dan juga overclocker pastinya. Dan MSI memberikan beberapa varian dari chipset Z170 ini, salah satunya ialah seri Z170A Gaming M7. Motherboard ini berada di harga Rp. 4.206.000,-, harga yang Kita cek adalah harga pada april 2016.

Seri Gaming dari MSI ini memang menargetkan kepada para gamer. Selain chipset tertinggi untuk socket LGA 1151, MSI juga memberikan beberapa fitur menarik yang dapat menambah pengalaman gaming kita menjadi lebih berkesan lagi.

Penampilan yang gahar udah lumrah untuk komponen yang di peruntukan untuk para gamer, karena banyak dari kita para gamer juga memperdulikan segi penampilan dari komponen PC nya. Naga nagaan dari MSI, alias Dragon Army pasti nya selalu setia ngelengkapin MSI Seri Gaming. Warna merah hitam juga udah jadi khas untuk MSI Gaming ini, dan pada seri Gaming M7 ini MSI memberikan LED Lighting pada beberapa bagian motherboard nya.

Ketika kita buka box dari motherboard ini, Kalian pastinya akan ngeliat kelengkapan apa aja yang di kasih oleh MSI untuk Z170A Gaming M7 ini. Disini kita akan mendapatkan 4 buah kabel sata 6gb/s , 1 buah SLI Bridge, 1 buah M konektor, kita juga mendapatkan gantungan pintu disini untuk hiasan di kamar, tulisan nya “sorry, busy gaming” dan di balik nya “i’m not here” , pastinya juga ada IO shield, CD driver, dan tambahan bonus lagi yaitu MSI badge.

Lanjut yaitu fitur fitur yang MSI unggulin pada motherboard ini. Kalo untuk keunggulan dari chipset, hampir semua chipset Z170 itu sama, yang membedakan dari setiap motherboard di kelas Z170 ini adalah fitur yang di berikan. Pertama itu adalah Nahimic Audio enhancer, chip audio booster dimana kualitas suara pastinya lebih ok dari pada biasanya, kualitas suara yang baik ngebantu juga loh untuk gaming. Kedua adalah Gaming Killer LAN, LAN yang di pakai ini dapat mengurangi terjadinya high latency pada saat gaming, PING akan lebih stabil dengan LAN ini. PING yang ga stabil ngeganggu banget kalo main game, biasa player suka teriak ngelag nih kalo ping bengkak.

Motherboard ini juga punya DDR4 boost sampai dengan 3600Mhz untuk OC nya, juga ada fitur Game Boost. Dimana CPU Kalian bisa mencapai clock hingga 5Ghz, kalo yang ini khusus untuk Core i7 6700k, untuk i5 6600k ga sampe 5Ghz. Bisa aja, tapi OC lewat bios, itupun kalo Kalian ngerti. Saran Kita kalo belum begitu expert mengenai overclocking, sebaiknya jangan coba coba, kalo masih mau coba juga ya resiko di tanggung masing2 ya.

Jangan lupa juga ada fitur M2 twin turbo, kalo Kalian SSD M2 SATA, Kalian meningkatkan bandwith SSD Kalian 10x lipat. Tapi jelas ada resiko di balik mempercepat bandwith ini. Itu adalah fitur fitur yang Kita anggep paling ngepush banget untuk motherboard ini. Untuk selebihnya seperti SLI / crossfire, USB 3.1, Kita rasa sekarang udah banyak juga lah ya yang support.

Kalo kita tengok ke bagian IO panel nya, ini agak sedikit berbeda dari pada IO panel motherboard pada umumnya. Selain port USB, audio, dan juga display, disini kita menemukan tombol kecil, dimana itu adalah tombol untuk clear CMOS. Dan di sebelah nya, ada port USB yang letaknya berbeda, MSI ngasih nama port ini Flashback Bios+ , ini guna nya untuk mengembalikan BIOS ke BIOS sebelumnya, bukan flashback nginget2 mantan….nah kalo kita yang doyan OC, ngutak ngatik bios dsb, ga perlu khawatir takut rusak karena bisa di flashback ulang. Begitu kira kria.

Bagian terakhir adalah BIOS dari motherboard ini, MSI Z170A Gaming M7 menggunakan Click Bios 5 untuk BIOS nya. Pada BIOS ini Kalian menggunakan 2 metode, yaitu EZ mode, dan juga Advance mode. Pada EZ mode ini, opsi yang dapat kita gunakan hanya sedikit, EZ mode ini di peruntukan buat pengguna yang memang ga begitu menggunakan fitur yang lebih spesifik dari BIOS nya. Nah kalo advance mode, disini semua opsi lengkap. Bahkan Kalian melihat board explorer untuk mengecek spesifikasi lengkap yang terpasang ke motherboard ini. Dan bagi Kalian yang mau OC Expert, MSI juga udah ngasih fitur nya. Dan sekali lagi, fitur ini hanya untuk yang udah expert di bidang OC aja. Kita ga nanggung resiko nya kalo Kalian jadi penasaran dan coba2 untuk OC expert.

Artikel Terkait: