Ulas Pasta Processor Mahal VS Murah


Share

Nah seperti yang kalian tau fungsi thermal paste/pasta processor ini digunakan untuk sebagai media  penghantar panas ke heatsink fan yang mendukung dalam pendinginan processor.

Kalo misalnya tidak menggunakan media pasta berarti hanya menggunakan media udara ,heatsink fan tidak bisa bekerja dengan maksimal  untuk mendinginkan processor. Jadi Bisa dibilang fungsi  pasta processor sangat penting dan wajib digunakan  banget agar processor  terhindar dari overheat.Tentu pasta processor kandungannya berbeda dengan pasta gigi, jadi tidak disarankan menggunakan pasta gigi

Nah di ulasan kali ini kita melihat sebenernya perbandingan harga antara pasta processor yang mahal dan yang murah apakah akan mempengaruhi kualitas suhu processor.

Berbagai macam merk dan harga pasta procoseer di pasaran. Biasanya harga thermal paste berkisar puluhan sampai ratusan ribu. Dan uniknya di indonesia ada yang paling murah cuma sekitar 5 ribu perak.

Nah kali ini Kita dikasih sample thermal paste

-Pasta Noctua NT-H1 dan Cryorig(baca krairik) CP7 yang harganya mewakili sekitar 100rb an

-Pasta HT-gy260 sekitar 15 ribuan

-Pasta gratis dari heatsink yang baru dibeli yang merk nya Halnziye.

Ok, kita akan mulai cek dari thermal paste yang harganya 100 rbuan dulu dari merk Noctua  dan Cryorig, nah untuk menaruh pasta diatas processor ada beberapa macam pola, ada beberapa org yang taruh dengan pola garis ,silang atau rata tapi kita taruh cara yang paling umum dengan pola dot

Dan untuk pengecekan kita menggunakan aplikasi  fumark dan monitoring melalui CPUID HW Monitor atau cara yang paling gampang cek di bios .karena kita gak punya instrument test suhu secara langsung.

Untuk lihat hasil testnya bisa dilihat di youtube dibawah ini.

Artikel Terkait: