Rakit PC Gaming 6 Jutaan dengan RX 460


Share

Disini banyak sekali yang request untuk bikin pc gaming dengan budget 6 jt an. Jadi Kita coba berikan 1 spek dengan budget 6 jt an dan Kita coba mulai rakit ini pc dan lihat performa den benkmark nya seperti apa, hasil nya kaya apa sih ? apakah playable dengan nyaman untuk game berat ?

Procesor yang Kita gunakan adalah intel i3-6100 cocok utk pc mid end dan cocok anak sekolah. Intel ini merupakan generasi ke 6 dari intel i3 procesr, dengan Processor Base Frequency 3.7 GHZ (baca: gigahertz) dan cache memory 3 mb

Motherboard yang Kita gunakan adalah ASRock H110M-HDV   dengan chipset H110, kenapa Kita pilih ini , karena dengan mobo chipset 1151 sudah cukup untuk procesor i3 , ga terlalu overbudget juga. mobo ini juga mashi sanggup kok sampai proc i7 apabila u ingin upgrade procesor.

Ssrock tipe ini sendiri mempunyai MOS Heatsinks , yang ga ada di mobo H110 merk lain , MOS Heatsinks yang ada di sekitar procesor ini dapat mengurangi panas yang dihasilkan procesor. oleh karena itu  mobo ini supoort sampai dengan i7 6700k , dimana mobo sejenis tipe lain hanya sanggup sampai 6700 polos (tanpak K ) aja. Bahkan brand besar lain seperti Asus , MSI , Gigabyte tidak memiliki MOS Heatsinks untuk seri H110 . Jadi ini bias menjadi kan sebagai pilihan buat u

Kita memilih  menggunakan ssd 120 gb dari geil , pada review sebelum nya ssd geil mampu memberikan price per peformance yang cukup baik.

SDD bisa diibaratan sebagai mobil sport dengan speed yang cepat, sehingga membantu pc Kalian semakin maksimal ,namun kapasitasnya kecil. HDD bisa diibaratkan dengan truck container, yang dapat menampung banyak data tapi speed nya lambat. SSD 120 gb cukup untuk OS dan game , tapi sangat tidak cukup untuk simpen foto foto/ video kalian , jadi Kalian bisa nambahin Harddisk sebagai storage Kalian.

selanjut nya Kita menggukan ram dari Avexir DDR4 Core Red PC19200 8GB, ram sebesar total 8 gb juga sekarang sudah terjangkau harganya. Menurut Kita RAM 8 gb sudah cukup saat ini dan apabila Kalian sering menjalakan banyak software di pc Kalian,  lebih baik ram ditambah menjadi 16GB. Jadi sesuai in aja sama kebutuhan Kalian.

Terus Kita pake vga dari kubu merah  yaitu XFX Radeon RX 460 4GB DDR5, Vga generasi terbaru dari amd ini datang untuk melawan dominasi dari Nvida. VGa amd seri 4 ini emang cukup menghebohkan pasar dengan memberikan performa tinggi dengan harga murah tapi bila Kalian prefer Vga dari kubu hijau Nvidia Kalian bisa pilih gtx 950. XFX Radeon RX 460 4GB DDR5 juga sudah sesuai budget gak telalu mahal dan performa yang sesuai.

casing disini Kita menggunakan casing dari cube gaming weiss, ngomongin casing balik lagi ke selera masing2, Kita suka weiss karena simple, sudah ada psu cover dan side window full transparant. Psu yang Kita gunakan adalah seasonic eco 430w. PSU ini sudah ada sertifikasi 80 plus bronze , dan 430w sudah lebih dari cukup untuk pc ini.

Disini untuk menekan budget Kita juga blm menggunakan cpu cooler, cpu cooler bawaain intel masih sanggup kok menjaga suhu cpu Kalian dalam 1-2 tahun ini. Disaranakan apabila Kalian ada budget lebih bisa Kalian tambahin cpu cooler seperti cooler master hyper 103 atau raijintek aidos.

Kita juga gak pake dvdrw, skrg dvd rw sudah jarang dipakai secara Kalian aja bisa install OS menggunakan flashdisk

Kalau untuk lihat performance hasil test dan benchmarknya langsung dilihat youtube aja Guys. Kalau bisa dilihat kesimpulannya :

– PC ini masi playable untuk game game sekarang , walaupun setingan blm bisa rata kanan, tapi sangat cukup playable dibanding dengan spek pc 5 juta yang perna ada di ulas juga. Tapi untuk game mendatang 2-3 tahun mungkin u perlu upgrade procesoor ataupun vga , sehingga pc u tetap bisa fight dengan game2 terbaru.

– Budget pas untuk maen game dalam 2 tahun ini.

– Untuk edit foto dan video masih bisa kok dengan pc ini 

Harga perunit :
-Intel Core i3 6100 : Rp 1.510.000,-
-ASRock H110-HDV : Rp 970.000,-
-GeIL SSD Zenith R3 120GB : Rp 525.000,-
-Avexir Core Red 8GB : Rp 525.000,-
-XFX Radeon RX460 : Rp 1.980.000,-
-Cube gaming Weiss : Rp 405.000,-
-Seasonic Eco Series 430W : Rp 560.000,-

=Total : Rp 6.475.000,-
*harga dibulan september 2016

Artikel Terkait: