Ulas Sapphire Radeon RX 470 , Hajar 60 FPS Gaming di 1080p


Share

GPU kelas mainstream, adik dari si RX 480 yaitu RX 470. VGA card ini cukup di tunggu para budget builder meskipun hype nya gak sebesar RX 480 kemarin. Yang AMD lakukan pada tahun ini memang sepertinya menarget kan pasar entry level dan juga mainstream gamer, akan tetapi tetap bisa menjalankan fitur2 baru yang bermunculan di 2016 ini, contoh nya seperti VR Ready pada entry level card.

Target dari AMD untuk RX 470 ini ialah Gaming dengan 60 FPS pada resolusi 1080p, dan tentu kita akan coba buktikan itu. Masih dengan nama yang sama yaitu polaris, atau GCN generasi ke 4, RX 470 hadir dengan spesifikasi yang memang sedikit mirip dengan RX 480. Salah satunya Seperti fabrikasi 14nm FinFET. RX 470 hadir dengan kapasitas memory sebesar 4GB DDR5 dengan bus 256bit, dan sudah mensupport fitur premium dari AMD seperti Freesync, Vulkan, dan Liquid VR premium.

Di bagian output video juga kita akan mendapatkan display port 1.4 HDR untuk mendapatkan kontras ratio yang baik dan dukungan encoding H.265 yang dimana itu udah mensupport recording atau streaming 4K video dengan baik.

AMD Radeon RX 470 memiliki TDP yang lebih rendah dari pada RX 480, ya karena dari performance pun memang RX 470 jelas di bawah RX 480. TDP VGA card ini ialah 120W, dan Kita rasa pakai PSU 450W udah lega banget.

Sama seperti RX 480, RX 470 untuk versi reference hadir dengan 1×6 pin power. Sebenarnya ini bukan 100% reference karena udah sedikit di ubah oleh sapphire, sapphire menambahkan backplate dan merubah body reference menjadi warna silver. Tetapi tetap menggunakan refferance board. Jadi soal penampilan Kita rasa Kalian semua udah tau kalo reference card dari AMD bentuknya seperti ini dan menggunakan blower fan untuk cooling system nya

Gak cuma RX 480 yang bisa menggunakan Wattman, RX 470 juga bisa kita utak atik dengan Wattman. Buat yang belum tau apa itu wattman, wattman adalah tools bawaan dari driver AMD untuk merubah clockspeed, fanspeed, voltase, dan juga power limit untuk VGA card ini.

Disitu kita bisa mengoverclock VGA card, atau bahkan mendownclock VGA card ini jika kalian kepingin lebih irit daya listrik. Tools wattman udah cukup luas untuk kita buat utak atik VGA card meskipun AMD masih memberikan beberapa batasan agar masih dalam batas aman.

Nah mari kita lanjut ke bagian terakhir, tentunya test & benchmark. Kali ini skenario nya agak sedikit berbeda, karena pada benchmark sintetis Kita akan menambahkan 3dmark timespy. Yaitu 3dmark terbaru dengan DX12. Selebihnya ada apa aja? Kita liat aja sama2 hasil test & benchmark nya di youtube dibawah ini.

Artikel Terkait: