Ulas XFX Radeon R9 Fury X


Share

Informasi pertama, VGA Card ini berada di harga Rp. 9.299.000,- untuk april 2016. Mahal? udah jelas, karena ini termasuk dalam high end VGA card. Berbeda pada high end VGA card seperti biasanya, R9 Fury X ini memiliki tampilan yang berbeda. Biasanya VGA high end itu ukuran nya besar, tapi Fury X enggak, terbilang kecil untuk VGA high end. Ini karena Fury X menggunakan liquid cooling untuk pendingin nya.

Kalian pasti bisa ngeliat disini kalo ada tubing dan juga 1 buah radiator. Radiator liquid cooling Fury X ini berukuran 120mm. Kalo bentuk dari VGA card nya, ini bener2 simple, seperti Kalian melihat 1 buah kotak hitam gitu aja, dengan tulisan Radeon disini, dan pada bagian sini tulisan Radeon nya itu ada backlight nya, tentunya dengan warna khas radeon yaitu merah.

VGA card ini menggunakan konektor 2 x 8 pin, dan di bagian belakang juga terdapat LED indikator nya. Radeon juga terkenal dengan konsumsi power yang besar, dan ya, Fury X pun sama. VGA card ini memerlukan minimal 750W untuk power supply nya, cukup besar. Pada saat posisi load, Fury X bahkan bisa memakan watt sampai sebesar 390W. Dan pada saat idle memerlukan 80 watt.

Lanjut ke spesifikasi dari R9 Fury X ini. VGA card ini menggunakan GPU dengan arsitektur lawas yaitu Fiji, akan tetapi Fury X menggunakan tipe memory terbaru yaitu HBM, jadi ini udah gak pakai GDDR5 lagi. HBM ini mampu ngasih bandwidh lebih besar di bandingkan GDDR5 loh, ya meskipun kapasitas memory yang di gunakan Fury X ini cuma 4GB sih,tetapi memory bandwidh nya sebesar 512gb/s . Yang paling menggiurkan adalah Bus nya, Fury X memiliki bus 4096 bit disini, dan Kita juga disini akan kasih liat full spesifikasi nya jika di bandingkan dengan Geforce GTX 980 Ti.

Liquid cooling pastinya akan bikin suhu dari Fury X ini bisa lebih terjaga. Suhu yang di dapatkan disini adalah 26’C untuk idle dan 66’C untuk full load nya. Fan pada radiator nya pun terbilang gak berisik, tapi gemericik air di dalem nya ini cukup kedengeran. Tapi tidak apa apa, tidak terganggu juga kok.

Bagian terakhir udah pasti adalah gimana performance nya. Kita test Fury X ini menggunakan Intel Core i5 6600K, dengan motherboard nya yaitu MSI Z170 Gaming M7, Ram 16GB avexir blitz red, SSD galax gamer 240gb, dan PSU XFX XTR 750W. Untuk benchmarking di 3D mark fire strike ultra, Fury X mendapatkan score 3890, berbeda tipis dengan lawan nya si hijau yang punya score 3735. Dan untuk game, Kita benchmark pada 3 game yaitu Battle Field 4, Far Cry 4, dan juga GTA V. Dan yap.hasil yang sangat baik di berikan oleh si Fury X. Meskipun kapasitas memory hanya 4GB, Fury X masih sanggup bersaing di resolusi 4K untuk ngelawan si hijau. Untuk di harga segini Kita rasa ya cukup worth it.

Artikel Terkait: