Intel Atom 16 Core dan Fitur Profesional Terbaru


Share

Intel Atom memperkenalkan prosesor terbarunya yang diusung khusus untuk PC Server atau Data Center. Sebelumnya Intel Atom dikenal sebagai chip entry-level untuk perangkat mobile yang memiliki performa rendah. Namun kali ini Intel akan memproduksi chip terbarunya yaitu C3000 dengan 16 core yang dibuat khusus PC Server, Data Center dan Jaringan.

Intel C3000 ini memiliki fitur terbaru yaitu jaringan virtualisasi dan fitur eror correction yang biasanya ada di chip-chip untuk PC server lainnya. Untuk data center dan perangkat penyimpanan mungkin tidak memerlukan tanaga yang kuat sehingga chip Atom ini sangat cocok untuk daya yang rendah. Hanya beberapa chip server dari intel yang memiliki 16 core namun chip Intel C3000 ini dapat bekerja untuk aliran data yang sangat banyak.

Intel Atom C3000 ini masuk kedalam rancangan jangka panjang Intel untuk memproduksi chip khusus PC server dan data center. Pada mei tahun lalu Intel berhenti memproduksi chip Atom untuk smartphone namun lineup chip dari intel yang sudah dikonfigurasi ulang adalah E3900 yang diusung untuk perangkat IOT, T5700 dan T5500 chip yang diusung untuk board maker Joule.

Rockship produsen chip dari cina sedang mencoba untuk memproduksi chip varian dari chip sofia 3G naun yang sekarang dibuat untuk perangkat IOT dengan daya rendah.

Fitur RAS (reliability, availability, and serviceability) yang dimiliki oleh C3000 ini mampu mengoreksi kesalahan data dengan cepat, dan mencegah jaringan dan penyimpanan jika terjadi kerusakan.

Intel Atom C3000 juga memiliki paket development untuk writing storage dan aplikasi untuk chip server. Chip terbaru dari Intel ini masih dalam tahap pengujian dan kemungkinan tersedia diparuh kedua tahun ini.

Jika chip Atom C3000 ini berhasil kemungkinan akan menjadi pengganti dari chip Atom C2000, karena awalnya C2000 ini ditargetkan akan bekerja pada microserver, networking dan data center, namun chip Atom C2000 ini sering mengalami masalah yang dapat merusak server dan peralatan jaringan. Intel sudah menyediakan fasilitas untuk perbaikan pada chip Atom C2000 yang memiliki masalah.

Intel juga memperkenalkan chip baru lainnya yaitu Xeon D-1500 chip yang diusung untuk server dan data center bagi yang memerlukan kinerja memproses data dengan cepat. Chip ini mengintegrasikan kontroller ethernet 10-gigabit dan memiliki teknologi QuickAssist yang dapat mendorong throughput data untuk dikompresi hingga 40Gbps.