iPhone 5s vs iPhone 6


Share

Iphone 5s dan Iphone 6 sama bagusnya dan sangat direkomendasikan bagi kalian penggemar iphone apple. Namun diantara kedua Iphone tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing, apakah kelebihan dan kekurangan antara kedua iphone tersebut?

Yang pertama jelas bahwa harga iphone 5s lebih murah dibanding dengan iphone 6, dan dengan ukuran yang hanya 4 inci ini tidak terlalu besar iphone 5s sangat ideal dan nyaman untuk hanya dipegang satu tangan dibanding iphone 6 yang ukurannya 4,7 inci lebih besar ini. Iphone 5s juga sudah dilengkapi dengan TouchID yang tidak kalah saing dengan iphone 6.

Dilihat dari layar iphone 6 mempunyai resolusi yang tinggi dibanding iphone 5s, iphone 6 juga memiliki teknologi layar canggih seperti dual-domain piksel, dan memberikan sudut pandang yang lebih luas dan rasio kontras hampir 40% lebih baik. Namun jangan khawatir iphone 5s juga memiliki layar yang tidak kalah unggul dengan yang lainnya, iphone 5s memiliki layar yang juga begitu tajam bagi para pengguna layar 4 inci ini.

Alasan yang lainnya mengapa iphone 5s masih lebih direkomendasikan adalah karena iphone 5s menggunakan iOS 8. Dengan menggunakan sistem iOS 8 iphone 5s akan berjalan lebih baik dibanding dengan menggunakan iOS 7. Jika kalian melihat dua iphone ini berjalan dengan sistem yang berbeda maka kalian akan melihat sindiri mana yang lebih baik, dan perbedaan akan terlihat secara fisik.

Berbicara tentang TouchID phone 5s ini sekarang lebih relevan dan tidak kalah saing dengan iphone 6, dikarenakan iphone 5s menggunakan iOS 8 yang lebih relevan pada era sekarang ini. Dan berkat iOS 8 TouchID sekarang tersedia untuk aplikasi pihak ketiga, yang memberikan tingkat yang baru kegunaan dari iphone 5s. Hal ini membuat 5s sendiri lebih relevan hari ini daripada itu yang dirilis pada tahun 2013.

iPhone 5s menggunakan A7 processor dengan menggunakan processor ini dinilai sangat baik untuk iphone 5s, A7 memiliki M7 co-processor, dan iphone 5s menggunakan GPU PowerVR G6430 (quad-core graphics). Berbeda dengan IPhone 6 yang menggunakan A8 processor, A8 memiliki M8 co-processor, dan menggunakan  GPU PowerVR GX6650 (hexa-core graphics).

Kedua processor ini baik A7 dan A8 dapat mengidentifikasi kegiatan apa yang sedang pengguna lakukan, memperkirakan jarak dan mengetahui detail perubahan ketinggian. A8 processor ini memiliki kekuatan CPU 25% lebih besar dari pada A7 dan 50% lebih efisien daripada A7.

Berdasarkan pernyataan diatas ada yang mengatakan bahwa biasanya baterai iphone 6 lebih tahan lama namun tidak menutup kemungkinan juga akan cepat habis dikarenakan layar dan resolusi iphone 6 lebih besar.

Selanjutnya jika dilihat dari kamera iphone 5s menggunakan kamera utama dengan 8 MP, 3264 x 2448 pixel, autofocus, dual-LED (dual tone) flash dan kamera depan 1.2 MP, 720p@30fps, face detection, FaceTime over Wi-Fi/Cellular. Dan iphone 6 menggunakan kemera dengan 8 MP, 3264 x 2448 pixel, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash dan kamera depan 1.2 MP, 720p@30fps, face detection, FaceTime over Wi-Fi/Cellular.

Berdasarkan pernyataan tersebut kedua iphone ini masih menggunakan kamera dengan spek sama bahkan tidak ada bedanya. Sepertinya hal ini telah dipertimbangkan oleh Apple sendiri dikarenakan hasil file foto yang tidak terlalu besar sehingga tidak membebani memori, hal ini juga lebih efektif karena Apple lebih memilih untuk membenahi sektor kamera lain seperti autofokus yang lebih cepat, dan apperture lebih baik, Kamera depan iPhone 6 juga memiliki beberapa fitur baru seperti burst mode dan pendeteksi wajah yang lebih optimal.

Berdasarkan data-data diatas dan mengenai fitur spesifikasi yang telah diketahui, iphone 6 bisa dikatakan lebih meningkat jauh dibandingkan iphone 5s. Mulai dari layar yang tipis dan resolusi yang lebih baik dibanding iphone 5s. Namun iphone 5s juga tidak lebih buruk dikarenakan ukurannya yang ideal untuk dipegang satu tangan bagi kalian yang ingin memiliki iphone namun tidak besar iphone 5s adalah pilihan yang tepat.

Artikel Terkait: