top banner ulasan top banner ulasan

Smartphone Sony Memiliki Kamera 1080p 1000fps


Baru-baru ini Sony mengumumkan akan menghadirkan sebuah kamera smartphone barunya. Kamera yang akan dihadirkan oleh Sony tersebut akan dilengkapi dengan built-in DRAM, yang menjanjikan akan ada 1,000fps slow motion dengan full HD (1080).

Sony mengembangkan kamera ini dengan sebuah sensor kamera CMOS baru yang bisa merubah fotografi pada smartphone. Sensor kamera dari Sony ini dengan CMOS yang memiliki 3 lapis, lapis yang pertama yakni sensor gambar itu sendiri dan lapis kedua bagian sirkuit untuk pemrosesan sinyal, dan lapisan  yang ketiga ini yang baru ditambahkan oleh Sony dengan isi DRAM. Lapisan tambahan ini memberikan kemampuan sensor untuk memproses sinyal selama empat kali lebihh cepat dari kamera konvensional biasanya.

Ia bekerja seperti sensor di kamera biasanya, namun dengan DRAM dibangun sebagai lapisan ketiga diatas dua lapisan sensor kamera konvensional biasanya membuat hal ini menjadi sebuah kamera unggulan yang dihadirkan oleh Sony. Dengan adanya DRAM di kamera tersebut memungkinkan kamera tersebut dapat memproses gambar jauh lebih besar dari sensor kamera smartphone lainnya.

Dengan lapisan ketiga ini membuat sensor Sony ini baru dapat menangkap stils dari objek yang bergerak cepat dengan pemutarbalikan cahaya yang didapat. Adanya DRAM di kamera ini juga menjadikan Sony kamera mampu merekam video super lambat sampai dengan 1.000 frame per detik pada resolusi full HD.

Fitur pertama dari kamera Sony ini dapat mengurangi bidang fokus penyimpangan cahaya karena mampu menangkap gambar diam dari 19,3-megapixel di 1/120 detik – sekitar empat kali lebih cepat dari sensor kamera konvensional smartphone lainnya. Hal ini mengartikan bahwa setiap baris pixel dapat dibaca lebih cepat dengan kamera ini, dan karena kamera Sony ini  mampu menangkap gambar diam dari 19,3-megapixel di 1/120 detik menjadikannya lebih akurat dari kamera smartphone lainnya.

Fitur kedua pada kamera Sony ini dapat merekam video 1080p pada maksimal 1,000fps full HD, yang dimana kamera ini bisa menghasilkan beberapa efek slow motion yang sangat luar biasa dan delapan kali lebih baik dari kamera biasanya.

Sensor pada kamera itu sendiri memiliki jumlah pixel 5520 x 3840 (21,2-megapixel), tapi  gambar masih ditembak pada titik 19,3-megapixel di 4: 3, dan 17.1-megapixel di 16: 9. Hal tersebut diperkirakan dapat merekam video hingga 4K (3840 x 2160) pada 60fps.

Kami berharap pada Sony agar bisa menerapkan kamera terbaru ini pada smartphone Sony yang akan beredar pada tahun ini agar menghasilkan gambar yang lebih memuaskan bagi para pecinta fotografi smartphone. Kami juga berharap pada Sony untuk bisa menjual sensor kamera ini kepada produsen lain agar dapat disandingkan pada smartphone lain juga.

Artikel Terkait:

Share