Ulas Cpu Cooler Thermaltake Engine 27 Low-Profile


Share

Pertama Kita unboxing dulu, didalam box kita akan mendapatkan, coolingnya, bracket, pasta, instalasi guide, dan buku ketentuan garansi. Cpu Cooler ini harganya berada di kisaran 675.000.

e27

base cooler ini terbuat dari full copper yang di platting dengan nickel, untuk fan base, fan blades dan fin cooler ini terbuat dari bahan aluminium. Cooling ini hanya mendukung socket intel LGA 1150/1151/1155/1156. Jadi cooling ini tidak bisa dipakai untuk cpu amd ataupun intel extreme series, mungkin ini bisa di bilang salah satu kelemahannya, walaupun sebenarnya cooler ini di seri low profile CPU cooler.

Nah itu tadi mengenai spesifikasinya sekarang kita masuk ke bagian pada test, RIG yang dipakai pakai untuk testnya: core i7 6700k, asus maximus impact viii (mobo), memorynya avexir blitz 3000 2x8gb. Untuk cara pengujiannya memakai software cinebench r15 dan untuk membaca info suhu dan berapa watt CPUnya mengeluarkan daya memakai hwinfo.Kita akan uji coba cooler ini pada default clock dan pada overclock juga. 

default
overclock

Cooler ini kelasnya low profile jadi kebutuhannya sebenarnya untuk CPU yang berjalan pada clock default, bukan untuk overclocking. Kita mencoba overclock i7 6700K ke 4.4 ghz dengan voltase 1.25. Hasilnya, suhu maximal yang dikeluarkan adalah 86’c sedangkan suhu terendahnya saat idle 38c. Menurut Kita Cooler ini bisa dikatakan bagus,  karena pada box thermaltake engine 27 tertulis di spesifikasinya mendukung sampai 70 watt, sedangkan pada saat core i7 6700k ini di overclock mengeluarkan daya hingga 87.3 watt dan masih bisa menahan panas dari CPU  6700k. Ketika fan diputar 100 % juga, fannya tidak begitu berisik, tapi fan nya berputar kurang dari yang tertulis di spesifikasinya yaitu sekitar 2450, kurang 50 tapi tidak masalah, bila kurang dari 300 rpm baru jadi masalah. Dibalik semua kelebihannya memang ada yang kurang yaitu harganya bisa dibilang cukup mahal. Karena di harga 675.000 kita banyak opsi lain untuk membeli cooler yang lebih bagus tapi bentuknya lumayan besar. Jadi kalau kalian ingin bangun mini pc yang sunyi dan tidak mau pakai HSF yang besar, pilihannya yaitu bisa thermalteke engine 27.

Artikel Terkait: