Ulas Monitor Gaming ASUS ROG Swift PG348Q


Share

Monitor ini bisa dibilang mahal, berada di harga 20 jutaan, monitor ini dirancang untuk mendapatkan pengalaman bermain dengan maksimal.

Mengenai spesifikasinya dan fiturnya. Pertama monitor ini berukuran 34” curved dengan resolusi 3440 X 1440 UWQHD 21:9 dengan IPS panel. Asus membuat permukaan monitor ini dengan permukaan matte atau bisa dibilang tidak mengkilap, jadi kalo ada sinar tidak akan mantulin cahaya. Monitor ini juga sudah mendukung teknologi G-Sync dan refresh rate 100hz. Monitor ini juga sudah mempunyai 2 buah speaker yang masing masing speaker mempunyai power 2 watt.

Sekarang mari kita liat monitor nya. Desain dari monitor ini bisa di bilang garang, gagah, keren, mantap dan lain lain, dari bahannya sendiri monitor ini mempunyai Chassis Colors : Plasma Copper + Armor Titanium dengan illuminated ROG logo Lighting Projection dan monitor ini mendapatkan penghargaan CES Innovation Award 2016.

Secara bentuk asus menggunakan layar curve agar enak dipandang dan nyaman, sehingga mata tetap fokus ke monitor. Bezel monitor ini bisa di bilang cukup tipis kurang lebih 3mm tapi sayangnya masih ada bezel dari panel lcdnya yang berwarna hitam di sisi kiri dan kanan. Untuk sudut pandang monitor ini adalah 178 derajat vertikal maupun horizontal.

Untuk pengaturan Monitor ROG pg348q ini diberikan opsi cukup asik, bisa mengatur ketinggian, bisa di miringkan ke atas / ke bawah, dan juga bisa swivel, lagi lagi disini cicil diberikan kepuasan. Pada sisi belakang monitor ini terdapat ventilasi, jadi gak usah takut lagi kalo monitor kita kepanasan, dan plus nya lagi monitor ini walaupun berat monitor ini 11.2 KG, monitor ini bisa juga ditaruh di dinding kalau kita mau karena monitor ini sudah VESA ready untuk mountingnya.

Konektor yang disediakan di monitor ini adalah konektor Display Port 1.2, HDMI 1.4, USB 3.0 Type-B, 4 port USB 3.0 Type-A, 3,5 mm audio jack, dan DC-IN port. Banyak konektor yang disediakan, tentunya kalo di colokin semua pasti banyak kabel yang berserakan, jangan takut, karna monitor rog swift pg348q ini sudah smart kabel manajemen.

Banyak sekali fitur fitur yang disediakan oleh monitor ini,Pertama Kita jelaskan dulu tombol tombolnya, ada tombol joystick, jadi memudahkan banget untuk konfigurasi monitor ini, trus dibawanya ada tombol menu, bawahnya lagi ada tombol untuk game plus, jadi ada fitur crosshair untuk game FPS, ada timer, dan ada FPS counter, nah ini unik banget, jadi kalian bisa liat FPS ketika kalian main game, jadi gak usah install software lainnya seperti fraps dan lain-lain. Terus tombol bawahnya lagi kalian bisa atur refresh ratenya 60hz ato 100hz, so easy. Nah tombol yang paling bawah ini untuk power on atau off.

Lalu untuk fitur di menunya, terdapat mode overclocking, yang kegunaannya untuk mengoverclock refresh ratenya, lalu ada mode game visual: yang kegunaannya bisa racing mode, rpg mode, fps mode, cinema mode dan lain-lain.Kemudian ada blue light filter: Level 0 Blue Light Filter tidak aktif, Level 1 biasanya untuk browsing, Level 2 biasanya untuk nonton video, Level 3 bisa juga dikatakan untuk reading mode, Level 4 nah kalo level 4 ini biasanya digunakan pada ruangan yang gelap. Lanjut lagi pada menu color ini ya seperti biasa digunakan untuk mengatur warna. Lalu ada menu image nah ini digunakan untuk mengatur gray level response time. Lalu ada input select nah ini untuk memilih inputnya menggunakan hdmi atau display port. Paling akhir ada menu system setup, yang menarik disini adalah fitur light in motion, kita bisa atur pencahayaan ROG yg ada pada bawah monitor ini, semakin tinggi levelnya semakin terang cahaya ROG nya. Untuk lebih jelasnya Kalian bisa nonton video youtube dibawah ini.

Target pembeli monitor ini sepertinya hanya untuk orang yang mencari kepuasan dan tidak mementingkan harga.

Artikel Terkait: