Intel Targetkan Perkenalkan Coffee Lake Pada Acara Computex 2017


Saat ini keluarga teratas Intel masih diduduki oleh chip generasi ke tujuh yaitu Intel Kaby Lake yang memiliki proses node 14nm. Intel sedang mempersiapkan untuk mengeluarkan prosesor dengan generasi ke delapan yaitu Coffee Lake di paruh kedua 2017 ini.

Intel menjanjikan Coffee Lake akan memiliki peningkatan performa 15 persen dari pada Kaby Lake sama seperti peningkatan dari Skylake ke Kaby Lake. Coffee Lake akan dibekali dengan sore standar 6 core dan 12 thread. Kemungkinan Intel Coffee Lake akan bersaing dengan kompetitornya yaitu AMD Ryzen yang sedang hangat dibicarakan oleh para pembuat PC dan para gamer.

Saat ini Intel hanya memiliki prosesor Xeon dan Extreme Edition yang memiliki 6 core dan 12 thread sedangkan kompetitornya AMD saat ini sudah memiliki prosesor dengan kelas standar 6 core 12 thread pada Ryzen 7 yang sudah dirilis bulan Maret 2017.

Intel juga sedang merancang prosesor low-powernya yaitu Canon Lake yang kemungkinan akan dirilis setelah Coffee Lake diluncurkan. Intel Canon Lake kabarnya memiliki proses node 10nm dengan daya rendah yang akan diproduksi untuk laptop atau mobile. Prosesor ini kemungkinan akan menghemat daya sekitar 40 persen konsumsi daya. Namun saat ini prosesor dengan 10nm yang sudah berjalan dismartphone yaitu Snapdragon 835SoC yang sudah digunakan oleh Samsung S8 dan S8+ versi US.

Kemungkinan Intel akan perkenalkan prosesor terbarunya dengan 14nm 6 core dan 12 thread tersebut pada acara Computex 2017 nanti yang akan di gelar di akhir Mei 2017. Kita berharap prosesor terbaru dari Intel ini memiliki harga yang terjangkau dan memiliki kinerja yang lebih tinggi dalam bermain game atau untuk proses rendering.

Artikel Terkait: