Ulas DeepCool Gamer Strom Captain EX Series


Share

Watercooling ini adalah pembaruan dari Captain seri sebelum nya. Dimana yang nama nya pembaruan pasti ada perubahan, dari desain dan maupun fitur. Fitur baru yang ditambahkan pada Captain EX Series ini seperti, High-density water micro-channel untuk mengoptimasikan transfer panas nya agar lebih baik, dan ada juga TF 12cm fan yang udah double blade serta mounting nya yang dibuat lebih mudah untuk bongkar – pasang tanpa harus menggunakan obeng atau semacam nya, dan yang terakhir Captain EX Series ini sudah menggunakan anti-explosion rubber, untuk mencegah bocor pada tubbing nya.

Nah itu tadi sekilas tentang Captain EX Series, sekarang langsung aja kita bahas lebih dalam. Disini Kita mencoba Captain 240 EX warna putih, Captain EX Series ini memiliki 2 varian warna, ada warna hitam dan putih. Dan ada 3 ukuran radiator yang disediakan, mulai dari 120mm, 240mm, dan 360mm.

Di dalam box nya ada radiator dan water block nya, ada juga 2 buah fan 12cm, terus ada juga aksesoris seperti fan hub – kabel exten, dan yang terakhir mounting mounting untuk AMD dan Intel. Captain 240EX ini support socket Intel LGA-2011-V3/LGA2011/LGA1366/LGA1156/LGA1155/LGA1151/LGA1150 dan socket AMD mulai dari FM2+/FM2/FM1/AM3+/AM3/AM2+/AM2. Nah ini nih, bagi kalian yang baru beli prosesor AMD yang terbaru dan masih bingung mau pake cooler apa, Captain EX Series ini bisa jadi pertimbangan kalian. Karna Captain EX Series ini sudah support AM4 kok, dan bagi kalian yang udah punya Captain EX Series ini, mounting AM4 nya juga dijual terpisah kok.

Okee mulai dari desain yang diberikan Captain 240 EX warna putih , Sudah jelas banget bahwa yang putih memang lebih elegan dan pasti akan memberikan estetika yang apik dan mewah jika disandingkan dengan komponen komponen yang berwarna putih juga.

Bahan radiator aluminum array yang dioptimalkan untuk fan speed dan fan noise yang lebih rendah. Fan yang digunakan disini sudah menggunakan double-blade yang dimana tekanan udara lebih tinggi ke radiator nya, jadi lebih efisien untuk mengurangi panas.

Dan untuk tubbing nya, Captain EX Series sudah menggunakan anti-explosion rubber, dengan Captain EX Series tidak gampang bocor, bisa dibilang udah kuat banget, dan anti korosi juga.

Nah sama seperti yang tadi cicil bilang, bahwa waterblock disini sudah menggunakan fitur terbaru. Yang membuat setiap air yang mengalir akan, menetralisir panas secara efisien. Dan disini juga terlihat ada pipa transparant, sama seperti seri sebelum nya.

Untuk pompa nya, Captain EX Series ini mempunyai kecepatan mencapai 2.202-2.292 RPM, dan dibagian atas nya kita akan mendapatkan LED breathing yang berwarna putih.

Itu tadi info dan fitur fitur dari DeepCool EX Series, sekarang Kita test memasang DeepCool 240 EX ini pada Motherboard Asus Maximus VIII Formula dengan socket 1151, memakai RAM nya Avexir Blitz Red DDR4 3000 16GB 2x8GB, yang akan dinginkan disini yaitu Intel Core i7 6700k.

mobo dp

Untuk pengujian nya Kita memakai 3 software, yaitu 3D Mark 11 Performance (Physics nya doang yaa), lalu CineBench, dan FurMark. untuk membaca info suhu dan berapa watt CPUnya mengeluarkan daya, Kita memakai hwinfo. Kita akan uji coba cooler ini pada default clock dan pada overclock juga. Pada Default Clock, suhu idle nya berada di 28’C. Sedangkan pada posisi Overclock di 4.5GHz dengan voltage 1.37, suhu idle nya berada di 30’c.

3dmark11
Pada test pertama, yaitu 3D Mark 11 Performance Physics. Suhu yang dihasilkan pada posisi default clock nya berada di 62’c sedangkan pada posisi Overclock berada di 70’c. Selisih yang tidak terlalu jauh, hanya berbeda 8’c untuk default dan overclock nya.

Lanjut ke test kedua, saat core i7 6700K ini dibakar melalui CineBench R15 dengan default clock suhu yang dihasilkan nya mencapai 67’c dan setelah di overclock suhu nya mencapai 78’c.

Di test ke tiga, pada FurMark suhu Default clock nya mencapai 70’c dan untuk overclock suhu nya mencapai 80’c.

 

Oke, Menurut Kita Watercooling DeepCool Captain 240 EX ini sudah cukup mumpuni. Dengan harga Rp 1.050.000 watercooling ini masih mampu mendinginkan CPU yang telah di overclock, dan dengan fitur fitur baru yang pada DeepCool Captain ini.

Artikel Terkait: