Cara Mencegah Ransomware WannaCry Di Komputer Anda


Share

Program jahat yang dirilis oleh kelompok Shadow Broker ini sangat membuat resah bagi semua korbannya, karena virus yang belum diketahui penangkalnya ini menyerang instansi publik seperti rumah sakit, fasilitas kesehatan dan bank sentral. WannaCry menuntut para korbannya untuk melakukan pembayaran sebesar $ 300 – $ 600 ke rekening BitCoin mereka.

Program jahat ini menyerang data yang ada didalam komputer lalu mengunci dara dengan enkripsi, sehingga para korban tidak dapat mengakses data yang tersimpan didalam komputernya tersebut.

Komputer yang terkena virus WannaCry ini akan muncul pop-up windows yang berisi pesan bahwa data pemilik komputer telah dienkripsi, seperti gambar dibawah ini :

Jendela tersebut menjelaskan apa yang terjadi pada komputer kalian, menjelaskan bagaimana cara mengembalikan data dan cara bayar. File yang dienkripsi oleh WannaCry diantaranya foto, video, dokumen dan data penting lainnya. Kalian memiliki waktu tiga hari untuk melakukan pembayaran dan file yang di enkripsi akan dikembalikan, namun tidak ada jaminan jika kalian sudah membayar file akan dikembalikan dengan aman.

Program jahat ini akan masuk ke sistem operasi windows lawas seperti Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows 8.1, Windows Server 2012, Windows 10, Windows Server 2012 R2, Windows Server 2016, dan Windows yang tidak rajin untuk update pembaruan dari server Windows.

Untuk mencegah masuknya virus WannaCry ini kalian harus berhati-hati terhadap email, iklan web atau tautan Dropbox. WannaCry bisa masuk ke dalam komputer yang terhubung dengan LAN atau jaringan Internet. Selain itu kalian harus update Antivirus dan update pembaruan sistem operasi Windows kalian agar tidak terinfeksi virus, kalian bisa mengupdate Security Massage Block (SMB) kalian disiniSecurity Massage Block merupakan fitur yang dibuat oleh windows untuk memungkinkan sesama komputer untuk berbagi file atau data.

Kalian bisa gunakan cara berikut untuk mencegah terjadinya ransomware WannaCry :

  1. Cabut sambungan LAN dan matikan Wi-Fi komputer untuk mencegah infeksi WannaCry.
  2. Update sistem keamanan Windows dengan memasang patch MS17-010 disini. Jika kalian masih menggunakan Windows XP kalian disarankan agar mengganti sistem operasi kalian ke versi windows terbaru yang mendukung patch keamanan dari Microsoft.
  3. Jangan mengaktifkan fungsi macros.
  4. Non aktifkan fungsi SMB v1.
  5. Blokir port 139/445 dan 3389.
  6. Perbarui software anti-virus dan anti-ransomware.
  7. Selalu backup file penting di komputer dan simpan di tempat lain, jika memungkinkan di storage yang tidak terhubung ke jaringan atau internet.

Sejauh ini anti virus yang terdapat pada windows terbaru sudah bisa menangkal serangan ransomware WannaCry dan mungkin untuk menambah keamanan sistem komputer kalian kalian bisa memasang anti virus seperti Kaspersky, ESSET atau anti virus lainnya yang selalu melakukan update untuk mencegah masuknya virus-virus terbaru.

Artikel Terkait: