Cara Perbaiki Komputer Yang Sudah Terkena Ransomware WannaCry


Share

Ransomeware WannaCry merupakan virus komputer yang dapat mengunci semua data pada komputer kita dan kita dituntut untuk membayar sebesar $ 300 untuk membuka kembali semua data yang ada pada komputer kita. Namun tidak ada yang bisa menjamin jika kita sudah melakukan pembayaran dan kita akan mendapatkan data kita kembali dengan aman.

Virus ini memiliki kehebatan yang dapat meluas melalui attachment email, iklan website dan jaringan. Ransomeware wannacry ini juga masih banyak anti virus yang tidak bisa menangkalnya sehingga kita harus berhati-hati dalam beraktivitas di internet.

Namun virus yang dirilis oleh Shadow Broker ini memiliki kelemahan yaitu Tidak mendisable safe mode sehingga bisa di kill proses melalui safe mode dan Tidak menginfeksi system restore sehingga jika proses sudah di kill file virus dihapus. Kemudian di restore, maka pc korban bisa kembali normal.

Berikut cara untuk memperbaiki komputer kita yang sudah terkena ramsomware WannaCry :

Langkah pertama :

  1. Buka Task Manager; Untuk menghentikan semua daftar aplikasi yang kita buka (Tekan Ctrl + Shift + Esc >> Tekan Ctrl + Alt + Delete)
  1. Masuk ke Safe Mode; Untuk masuk ke Safe Mode kalian harus merestart PC lalu tekan F8 sampai masuk ke Safe Mode
  1. Download Microsoft Safety Scanner; Kalian bisa melakukan ini di PC lain yang tidak terkena virus dari ransomware WannaCry
  1. Jalankan Microsoft Safety Scanner; Ketika kalian sudah masuk ke Safe Mode kalian jalankan Microsoft Safety Scanner

Langkah Kedua :

Ransomware dapat mengunci kalian untuk melakukan kegiatan di PC kalian, jika kalian tidak dapat menjalankan Microsoft Safety Scanner kalian bisa gunakan Windows Defender Offline dengan mendownloadnya terlebih dahulu.

Langkah Ketiga :

Pada langkah ini kalian menggunakan metode manual dengan cara :

  1. Masuk safe mode
  2. Hilangkan startup virus
  3. Kill proses dan service virus
  4. Periksa folder berikutnya untuk menemukan file yang mencurigakan seperti : %TEMP% – %APPDATA% – %ProgramData%, cek host file, karena itu bisa corrupt sama Virus. Letak host: C:\windows\System32\drivers\etc hapus host yg mengarah pada website aneh. kalian bisa mengeditnya dengan notepad
  5. Hapus nama file berikut (dalam keadaan hidden jadi tampilkan semua file yg terhide di menu folder options) : Readme.txt.WCRYLicense.txt.WCRYHistory.txt.WCRY!Please Read Me!.txt!WannaDecryptor!.exe
  6. Segera restore PC kalian ke tanggal sebelum terinfeksi

Setelah komputer kalian aman dari virus WannaCry kalian bisa mengupdate semua sistem keamanan yang ada pada sistem operasi kalian seperti Windows Defender, Microsoft Security essentials dan Anti Virus tambahan kalian sepert kaspersky, avira, esset dan lain-lain. Pastikan anti virus yang kalian miliki dinyalakan dan menyediakan real-time perlindungan.

Artikel Terkait: