Jenis-Jenis Casing PC


Share

Ketika kalian ingin merakit PC ada baiknya kalian harus merencanakan terlebih dahulu spesifikasi PC yang akan kalian buat apakah untuk content profesional, gaming profesional, design atau hanya untuk sekedar belajar saja. Begitu banyak pilihan casing yang ditawarkan oleh para produsen sehingga membingungkan bagi para pembuat PC.

Setiap PC yang akan kita rakit itu memiliki spesifikasi casing yang harus dipenuhi, mungkin bagi para pembuat PC yang sudah berpengalaman, ini adalah hal yang aneh karena harus memilih casing yang tepat untuk PC yang akan dirakit. Namun bagi para pembuat PC yang baru ingin merakit ini Berikut beberapa jenis casing PC yang ada di pasaran :

Ukuran Casing Secara Umum
Type Full Tower Mid Tower Mini Tower Mini Cube Desktop
Tinggi 53-67 cm 43-48 cm 30-35 cm 17-23 cm 8-18 cm
Lebar 15-20 cm 15-20 cm 15-20 cm 20-23 cm 35-43 cm
5.25″ bays 4-9 3-6 1-2 1-2 1-3
3.5″ internal bays 6-12 2-6 1-2 1-2 2-4
Motherboard Support ATX, EATX ATX microATX mini-ITX ATX, microATX
Card slot 7 7 4 2 2-7
Power supply PS/2 or larger PS/2 PS/2 or SFX SFX or TFX Various

Full Tower : Casing ini memiliki ukuran besar biasanya casing ini digunakan untuk PC dengan spesifikasi tinggi yang membutuhkan ruang casing lebih luas karena komponen-komponen yang digunakan pun besar ukurannya. Casing full tower diperuntukan bagi para profesional mungkin seperti design profesional, content profesional, overclocker ekstreme atau untuk PC server.

Motherboard ini bisa dipasang dengan motherboard E-ATX dan ATX dari empat sampai sembilan 5,25 drive bays dan bisa menggunakan lebih dari dua VGA card dan komponen lainnya. Casing ini juga mempunyai ruang untuk pemasangan sistem pendinginan yang membutuhkan ruang yang luas seperti water cooling ataupun air radiator.

Casing dengan ruang yang luas memang terlihat menarik namun ini akan kurang efisien jika kita tidak bisa memanfaatkan ruang yang ada di dalam casingnya dengan baik.

Mid-Towers ATX :Casing Mid-Tower ini termasuk casing yang paling populer karena dengan tinggi 43-48 cm membuat casing ini pas bagi para gamer untuk menggunakan casing ini untuk membungkus semua komponen-komponen PC mereka.

Casing ini support untuk motherboard ATX dan memiliki slot PS/2, ruang untuk hard drive, optical drive dan lainnya. Biasanya casing dengan ukuran Mid-Tower ini memiliki tujuh slot card expansion dan support untuk pemasangan dua VGA card, beberapa casing Mid-Tower sudah mendukung untuk Wi-Fi, USB dan lainnya.

Casing mid-tower ini mungkin cocok bagi para gamer yang membutuhkan casing dengan ukuran sedang dan membutuhkan ruang untuk pemasangan dua VGA card.

Mini Tower MicroATX : Casing ini memiliki ukuran lebih kecil dari pada Mid-Tower karena dengan ukuran 30-35 cm  casing mendukung untuk pemasangan motherboard MicroATX dan ini hanya digunakan untuk PC kantoran dan warnet yang hanya membutuhkan spesifikasi dasar dan ruangan yang kecil untuk menyimpan casing ini dibawah atau diatas mejanya. Casing mini-tower ini memiliki satu slot 5,25 optical drive dan beberapa hard drive karena motherboard microATX mendukung maksimal empat slot hard drive dan casing ini kebanyakan bisa dipasang VGA card hingga dua buah, tergantung dari motherboard yang digunakan.

Mini-ITX Cube Tower : Casing dengan ukuran mini ini hanya mendukung motherboard mini-ITX karena ukuran yang kecil dan hanya dipergunakan untuk kebutuhan pelajar.  Casing mini-ITX ini sangat efisien untuk ruangan yang sempit. Biasanya casing ini mendukung PS/2 kecil dan tidak mendukung 5,25 optical drive. Umumnya casing ini hanya mendukung satu slot untuk VGA card.

Desktop / HTPC : HTPC (Home Theater PC atau Media Center PC) ini memiliki ukuran yang kecil dan biasanya mendukung motherboard mini ITX  dan beberapa slot USB. Casing ini biasanya berbentuk horizontal dan biasanya digunakan pada ruangan meeting yang hanya membutuhkan software dari microsoft office untuk presentasi. Namun saat ini para produsen laptop menyediakan PC yang berbasis HTPC yang diperuntukan untuk gaming.

Dari penjelasan diatas apakah kalian sudah menemukan pilihan casing yang tepat untuk merakit PC gaming kalian? Pilihlah casing yang sesuai dengan kebutuhan kalian, jangan sampai kalian salah memilih casing karena hal ini bisa membuat sia-sia dan tidak efisien terhadap fitur yang diberikan oleh casing tersebut.

Artikel Terkait: