Tips Dari McAfee Untuk Menghindari Virus Ransomware WannaCry


Share

Serangan cyber terbesar yang mengancam seluruh komputer dunia ini menjadi sorotan dari banyak pihak, yang membuat kita berhati-hati dalam menggunakan komputer terutama pada saat browsing.

Ransomware WannaCry sudah menginfeksi lebih dari 250 ribu lebih komputer di 150 negara dalam waktu singkat. Negara yang terkena dampak ini pun negara besar seperti Amerika Serikat, Rusia, Spanyol, India bahkan Indonesia.

Serangan program jahat ini memanfaatkan Server Massage Block yang ada pada fitur windows. Namun kalian tidak perlu khawatir karena jika kalian menggunakan anti virus McAfee sudah mengirimkan update untuk mendeteksi komputer kalian dari virus ransomware WannaCry ini.

Kalian bisa mengikuti tips dari McAfee agar tidak terinfeksi dari serangan virus ransomware WannaCry :

  • Hati-hati dalam mengklik : Malware ini disebarkan melalui email phishing yang dapat membuat kalian mengklik email tersebut dan akhirnya komputer kalian terpaksa terinfeksi virus ini.
  • Back Up File : Mungkin bagi kalian yang memiliki data pribadi yang sangat penting sebaiknya kalian memback up file kalian dalam bentuk CD, DVD atau Hardisk Eksternal agar file kalian tetap aman. Jika komputer kalian terinfeksi WannaCry kalian dapat langsung memformat harddrive kalian.
  • Update Sistem Operasi : Ada beberapa pelajaran yang dapat diambil saat terjadinya serangan virus ini bahwa kalian tetap harus mengupdate sistem operasi yang kalian punya, karena setiap update yang dilakukan oleh sistem operasi itu pasti menyangkut dengan sistem keamanan pada komputer kalian.
  • Jadwalkan Pembaruan Otomatis : Mungkin bagi kalian yang jarang membuka komputer atau yang sering sekali beraktivitas dikomputer, kalian harus menjadwalkan pembaruan sistem kalian agar kalian selalu menerima pemberitahuan ketika ada update dari sistem operasi kalian.
  • Menerapkan Patch Keamanan Windows yang dikirim oleh Microsoft : Jika kalian menggunakan sistem operasi Microsoft versi lama seperti Windows XP atau Windows 8 kalian bisa mendownloadnya disini.
  • Menjada Anti Virus Tetap Up To Date : Banyak sistem anti virus yang diperbarui secara otomatis seperti McAfee yang selalu menjaga komputer dari virus jahat yang menyerang komputer.

Artikel Terkait: