Tips Memilih CPU


Share

CPU adalah komponen komputer yang paling penting karena CPU merupakan otak dari pada komputer yang kita gunakan untuk bermain game dan bekerja. Ketika kalian ingin merakit PC mungkin ada baiknya kalian mempertimbangkan performa, harga dan konsumsi daya.

Kita harus mengetahui spesifikasi lengkap dari CPU yang akan kita gunakan, mungkin kalian harus mencari tabel yang menunjukan spesifikasi dari CPU yang akan kalian bandingkan.

Secara keseluruhan CPU menghasilkan performa yang baik terlihat dari jenis thread ada yang menggunakan single-thread dan multi-thread. CPU dengan single thread biasanya hanya dapat bekerja untuk aktivitas yang sederhana seperti browsing web, bekerja dengan microsoft office dan memutar musik.

Sedangkan CPU yang dibuat dengan multi core bisa bekerja untuk aktivitas yang berat seperti pengeditan foto, encoding video, dan game. Saat ini Intel memiliki tteknologi Intel Hyperthreading yang dirancang untuk mempercepat performa processor pada saat digunakan untuk pekerjaan yang berat seperti pengeditan video dan encoding video.

Mungkin core yang banyak lebih baik untuk kita pilih untuk PC dengan performa tinggi, ini hal yang kurang benar karena hampir semua software untuk para pengguna termasuk game tidak dirancang untuk berjalan dengan set pemrosesan yang tidak terbatas. Itu lah sebabnya Intel tidak memberikan CPU untuk produsen dengan core lebih dari empat core.

Mungkin pilihan yang lebih baik untuk dipertimbangkan pada saat memilih processor yang baik adalah dengan mengoverclock. Dengan menaikkan speed clock pada CPU dapat memberikan keuntungan untuk kita dari segi performa. Namun tidak semua CPU mampu melakukan overclocking dan CPU yang mampu untuk melakukan overclocking pun biasanya membutuhkan motherboard dengan chipset khusus yang pada akhirnya membutuhkan budget lebih untuk hal ini.

CPU yang mampu melakukan overclocking terdapat pada CPU K-series dari Intel dan membutuhkan motherboard Z-series untuk mendapat dukungan overclock secara efektif. Di sisi lain Intel memiliki kompetitor nya yaitu AMD yang menawarkan para pengguna untuk mengoverclock semua seri CPU yang mereka buat. Dengan harga yang lebih murah AMD memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk melakukan overclocking pada processor mereka. Namun kalian juga harus memiliki motherboard yang mendukung chipset untuk processor AMD dan mendukung fitur overclocking pada motherboardnya.

Umumnya chip yang lebih mahal akan bekerja dengan baik pada saat di overclock, namun hal yang perlu kalian ingat adalah bahwa overclock dapat menyebabkan peningkatan panas dan konsumsi daya lebih besar pada CPU kita. Sehingga kita harus menyiapkan budget lebih untuk memberikan daya pada CPU dan sistem pendinginan yang lebih baik.

Jadi mungkin bagi kalian yang ingin merakit PC yang sederhana saat ini Intel dan AMD memiliki prosesor dengan harga yang cukup murah dan mampu mengerjakan software sederhana. Untuk kalian para gamer dan para profesional content creator mungkin kaliah membutuhkan CPU yang menawarkan empat core atau lebih.

Artikel Terkait: