Tips Rakit PC Gaming


Share

Merakit PC gaming adalah hal yang sulit untuk saat ini karena membutuhkan perencanaan yang sangat tepat agar tidak sia-sia dalam membeli komponen untuk PC gaming kita. Karena kualitas dan performa yang dibutuhkan untuk gaming memang memerlukan hardware yang tepat, mengingat system requirement yang dibutuhkan untuk game PC saat ini memang membutuhkan spesifikasi yang tinggi.

Ketepatan dalam memilih hardware maupun sistem peripheral membuat kita bertanya-tanya apa saja komponen tepat untuk PC gaming yang sesuai dengan budget dan keinginan kita. Mungkin ini bisa membantu kalian dalam menentukan komponen PC yang sesuai dengan keinginan kalian.

1. Tampilan RGB atau Non RGB

Banyak sekali para perakit PC gaming yang terlena akan hal ini sehingga membuat para perakit PC melupakan spesifikasi yang dibutuhkan untuk PC gamingnya. PC yang terlihat keren memang menjadi dambaan banyak para pengguna, namun sebaiknya kita lebih mengedepannya performa dibanding tampilan luarnya saja.

Lebih baik kita memilih kotak hitam polos tanpa ada penerangan namun saat kita gunakan memberikan performa yang lebih baik. Sebaiknya kalian memasukan budget lebih kalian untuk VGA card atau processor agar menjadi PC gaming terbaik yang kalian.

2. HDD atau SSD Untuk Sistem Penyimpanan

Pada saat kalian merakit PC memang ini adalah hal yang penting karena mengingat game saat ini memiliki file yang sangat besar, bahkan beberapa game AAA bisa membutuhkan kapasitas lebih dari 30GB. Mungkin kedepannya para perusahaan akan membuat game yang memiliki grafik lebih tinggi dan akan membuat file gamenya semakin besar lagi.

Jika kalian ingin menekan budget dalam pembelian hard drive kalian bisa menggunakan cara dengan hanya memiliki satu game dan menghapusnya jika sudah tamat, sehingga kalian bisa memilih hard drive dengan ukuran yang kecil. Memang banyak gamer yang menginginkan untuk menyimpan game yang sudah mereka download namun hal ini akan membuat boros sistem penyimpanan kita, karena seperti yang kita ketahui bahwa game-game yang ada saat ini merupakan game online yang membutuhkan update jika ada pembaruan dan itu membuat sistem penyimpanan kita menjadi lebih sempit.

Namun kalian juga tidak bisa melupakan performa yang dihasilkan dari hard drive atau solid state drive, untuk mempercepat akses kalian pada saat bermain game kalian bisa memilih SSD atau setidaknya hardrive 7.200 RPM yang terhubung ke motherboard kalian melalui SATA III 6.0 Gbps.

3. PC Gaming Untuk Saat Ini Dan Untuk Masa Depan

Game PC saat ini sudah sangat cepat perkembangannya karea kualitas grafik yang diberikan membuat game PC saat ini selalu menambah file yang sangat besar. Perkembangan game PC lebih cepat dibanding dengan konsol seperti Xbox dan Playstation hal ini membuat para gamer selalu mancari informasi terbaru dari sisi game dan hardware terbaru.

Namun dengan adanya hal ini kalian masih tetap bisa menjalankan game tersebut dengan settingan rendah dan jika kalian sudah memiliki budget kalian baru bisa mengupgrade komponen atau bahkan PC kalian sekaligus. Karena produsen CPU seperti Intel dan AMD selalu mengeluarkan produk terbaru mereka dengan socket yang berbeda. Sehingga membuat para pembuat PC gaming yang ingin mengupgrade CPU tidak bisa hanya processor nya saja tapi harus dengan motherboardnya, dan jika kalian mengganti motherboard kalian harus mengganti komponen yang lainnya.

4. Menghemat Power Supply

Power Supply adalah hal yang sangat penting karena ini yang akan menghidupkan PC kalian. Power supply akan memberikan listrik ke sistem rig yang kalian gunakan dan jika kalian memilih power supply dengan kualitas yang kurang baik, akan berpotensi merusak semua komponen PC kalian dan bisa juga terjadi kebakaran.

Untuk mendapatkan performa PC yang baik kalian harus benar-benar memilih PSU yang tepat, CPU dan GPU yang bagus akan membutuhkan daya lebih besar dari pada PC non gaming. Kalian bisa menggunakan fitur dari situs enterkomputer.com/simulasi.php yang bisa memperkirakan kebutuhan daya yang digunakan pada PC rakitan kalian. Sebagai daya cadangan agar kedepannya kalian bisa mengupgrade satu atau lebih komponen kalian, kalian bisa melebihi daya 50-100 watt diatas daya yang dibutuhkan oleh PC kalian.

5. Membuang Fitur Yang Tidak Dibutuhkan

Sebagai perakit PC gaming kalian harus benar-benar mengetahui apa yang dibutuhkan untuk PC gaming saat ini. Seperti halnya Drive CD / DVD / Blu-Ray yang saat ini tidak dibutuhkan lagi untuk para gamer, karena teknologi yang dibuat oleh para pabrik game saat ini adalah online. Kalian bisa mendapatkan game dengan mendownload game tersebut di situs resmi mereka, dan tanpa membutuhkan slot Drive CD / DVD / Blu-Ray.

Adaptor Wi-Fi yang membuat para gamer kacau saat memainkan game nya karena koneksi yang didapatkan tidak stabil. Sebaiknya kalian menggunakan koneksi ethernet ke router kalian agar koneksi lebih cepat dan stabil sehingga membuat kalian lebih nyaman pada saat memainkan game kalian.

RGB LED yang membuat biaya tambahan pada PC gaming dan port audio 7.1 channel surround sound yang saat ini tidak dibutuhkan karena para produsen gaming gear saat ini sudah menyediakan headphone dengan port USB. Sebaiknya biaya yang dikeluarkan untuk ini semua kalian bisa alihkan ke CPU, GPU, Storage dan RAM agar performa PC kalian lebih baik.

6. Memilih APU atau GPU

Accelerated Processing Unit adalah internal graphics yang diberikan oleh AMD ketika kita membeli processor yang memiliki sistem APU didalamnya. GPU sangat penting mengingat game saat ini memiliki grafik yang tinggi. Mungkin memilih CPU yang tidak memiliki Internal Graphics Processor pilihan yang tepat jika kalian benar-benar membutuhkan GPU yang lebih tinggi.

7. Kapasitas RAM Yang Besar?

Game PC saat ini memang membutuhkan RAM yang tinggi namun jika kelebihan memilih RAM itu juga hal yang membuat sia-sia pada saat kita ingin merakit PC. Karena kelebihan RAM tidak membuat game di PC kalian berjalan dengan baik, jadi sebaiknya kalian memilih RAM yang cukup untuk menjalankan game di PC kalian. Lebih baik kalian memilih VRAM agar grafik pada PC kalian lebih tinggi dan mendapatkan performa yang lebih baik.

8. Sisihkan Budget Untuk Windows

Jika kalian merakit PC gaming kalian harus memikirkan hal ini, karena pada saat kalian merakit PC gaming kalian tidak akan mendapat kan sistem operasi. Sehingga kalian harus membeli lisensi untuk Windows agar PC kalian bisa digunakan untuk bermain game.

9. Memilih Monitor Sesuai Dengan Spesifikasi PC

Monitor merupakan hal yang penting pada saat kalian membangun PC gaming yang berkualitas. Bisa dipastikan kembali kalian mengetahui spesifikasi secara detail untuk PC rakitan kalian, karena resolusi pada monitor menentukan performa pada PC gaming kalian. Karena saat ini banyak sekali monitor yang diperuntukan bagi PC gaming namun hal yang harus diperhatikan adalah VGA card yang kalian gunakan. Karena semakin tinggi VGA card kalian, kalian harus memilih monitor dengan spesifikasi yang tinggi juga agar fitur dan grafik yang dimiliki oleh VGA card kalian bisa berfungsi dengan maksimal.

Jangan pernah membeli monitor dengan resolusi 1440p atau bahkan 4K jika VGA card kalian belum mendukung untuk resolusi 4K, karena hal ini akan membuat sia-sia dan memaksa kalian untuk beralih ke VGA card yang lebih tinggi.

10. Gaming Gear Standar

Banyak gamer yang memilih gaming gear dengan banyak fitur sehingga melupakan performa PC nya. Mungkin jika kalian memiliki budget lebih untuk hal ini kalian bisa memilih gaming gear yang memiliki banyak fitur termasuk RGB, namun jika kalian ingin menekan budget kalian sebaiknya pilih gaming gear standar dengan budget murah namun kalian nyaman dengan performa PC kalian.

Artikel Terkait: