Motherboard ASUS ROG di Computex 2017


Share

Team Ulasan ID berkesempatan mendatangi Booth ASUS ROG yang sangat besar dan elegan, warna merah dan hitam menjadi warna dominan pada Booth ASUS ROG. Booth ini selalu ramai karena pengunjung Sangat antusias sekali. Sebenernya Booth ASUS adalah booth yang paling terbesar di Computex 2017, namun ASUS membagi menjadi 2 area, untuk handphone, laptop dan lainnya di area dengan dominan putih sedangkan untuk ASUS ROG dominan dengan warna merah dan hitam yang merupakan warna dari ciri khas dari ASUS ROG. Pada booth ini, banyak sekali yang harus disimak disini khususnya pada divisi komponen berikut motherboard, vga dan display monitor.

Asus menampilkan mobo x399 untuk threadripper yaitu asus x399 zenith extreme. Memang mobo ini belum siap untuk dipasarkan. Tapi untuk memberi kejutan, Asus tiba tiba menyediakan mobo ini di booth nya agar bisa di liput oleh media media dari berbagai negara. Untuk tampilannya bisa kalian lihat sekilas dibawah ini.

Selain itu, Asus juga menampilkan VGA barunya yaitu ASUS Poseidon GTX 1080ti Platinum Edition, vga ini mempunyai 1 DVI, 2 HDMI, dan 2 Display Port untuk koneksi displaynya. Seperti biasa versi poseidon ini mempunyai hybrid cooling system. Jadi, kalo kalian punya VGA ini, otomatis kalian bisa menggunakan HSF yang disediakan oleh asus atau kalian juga bisa menambahkan watercooling ke vga ini tanpa harus membeli water block lagi.
poseidon

Asus juga menampilkan Hyper M.2 x16, nah PCI-E card ini gunanya untuk M2 ssd. ASUS mengklaim bandwidth PCI-E card ini bisa sampai 128Gbps. Dan alat ini juga sudah mendukung teknologi Intel VROC yang memungkinkan kita melakukan konfigurasi raid 0, 1, atau 5.
m2
Proccessor intel lga 2066 belum dijual bebas dipasaran. Tapi ajaibnya mobo chipset x299 sudah bertebaran pada computex 2017. Bahkan pasa saat launching kabylake-X dan skylake-X overclocker asus banyak memecahkan rekor dunia yang telah di validasi oleh HWBOT. Asus sudah banyak menampilkan variasi motherboad chipset x299 di computex taipei 2017.

 

Asus ROG Rampage VI Extreme

rampage extreme

Rampage VI Extreme

Produk teratas di keluarga baru ini adalah Rampage VI Extreme yang hadirkan kombinasi kekuatan dan desain untuk PC yang mengesankan. Didesain secara khusus untuk dioperasikan dengan custom liquid cooling,selain tersedianya header fan dan pump juga tersedia tambahan dual flow header yang memungkinkan memonitor cairan aliran pendingin di dalam loop. Tersedia pula konektor khusus untuk water block sehingga dapat memperlihatkan data aliran air, temperatur, dan peringatan jika terjadi kebocoran.

Hampir setiap aspek dari Rampage VI Extreme telah ditingkatkan guna memberikan kecepatan yang lebih. Intel Gigabit Ethernet didukung dengan chip 10G yang mampu meningkatkan kecepatan transfer data jaringan secara signifikan. Juga Wi-Fi standar terbaru 802.11ad dengan kecepatan transfer data nirkabel hingga 4,6Gbps.

Untuk membantu mengurangi kabel, tiga SSD M.2 dapat ditambahkan ke motherboard tanpa menggunakan VROC card. Satu slot dipasang langsung ke motherboard ini, sedangkan dua lainnya menggunakan modul DIMM.2 di samping slot memori. Thunderbolt header memungkinkan mendapatkan konektivitas kecepatan tinggi ke perangkat eksternal menggunakan kartu tambahan opsional.

Rampage VI Extreme dilengkapi dengan LiveDash OLED screen yang memungkinkan Anda memonitor temperatur, frekuensi, dan kecepatan kipas sistem pada motherboard. Dashboard tersebut juga dapat menampilkan teks dan grafis yang dapat dikustom guna menambahkan daya tarik pada sistem Anda. Ia juga dilengkapi dengan LED dan header strip untuk mempercantik PC.

Asus ROG Rampage VI Apex

Komitmen ROG untuk menghasilkan overclock tertinggi dan performa teratas dilanjutkan dengan Rampage VI Apex. Model ini dirancang secara khusus untuk mencetak rekor pada overclocking dengan suhu ekstrim di bawah nol, tidak hanya dengan pendingin LN2 tapi juga pendingin eksotis helium cair. Para overclocker berhasil menggunakan Apex untuk memecahkan 8 world record dan 20 global record dengan Core X-processor pada kecepatan 7.560GHz, dan itu baru permulaan. Banyak rekor selanjutnya akan terpecahkan saat kami tegaskan tradisi ROG sebagai yang terdepan untuk performa .

Ada sesuatu yang lebih dalam kesederhanaan. Apex hanya menyediakan satu slot DIMM per kanal yang memungkinkan jalur elektronik lebih optimal untuk meningkatkan stabilitas dan kecepatan dengan memori yang lebih cepat. Anda dapat menggunakan memori DDR4 64 GB yang berjalan dengan kecepatan sangat tinggi dan latensi sangat rendah. Di dekat slot DDR4 tersedia dua slot DIMM.2 yang bisa menampung hingga empat SSD M.2.

Kehebatan dari Rampage VI Apex memang sudah nampak dari bentuknya yang unik dan membedakan dirinya, ditambah pelat nama yang bisa dikustomisasi memberikan ruang untuk menambahkan sentuhan personal. Anda juga mendapatkan I/O terbaru, seperti USB 3.1 Gen2 dengan port Type-C, Wi-Fi terintegrasi dan jaringan Intel Gigabit plus teknologi audio SupremeFX sebagai bekal saat Anda ingin menjalankan game, bukan semata mencatatkan rekor.

Asus ROG Strix X299-E

x299-e
rog strix x299-E

Jika Rampage VI Extreme dan Apex tampil sangat berkelas, ROG Strix X299-E memiliki pendekatan yang sederhana. Dengan tawaran harga terjangkau dari Republic of Gamers tanpa mengorbankan estetika dan fitur yang menjadi ciri merk gaming nomor satu ini.

 

Seperti Rampage, Strix mengusung motif monokrom yang akan lebih padu dengan komponen lainnya atau berbagai pilihan pencahayaan. Hadir dengan dimensi ATX, Strix tetap menyediakan seluruh slot, port, dan header yang Anda harapkan dari ROG. Termasuk di antaranya adalah dua slot M.2 untuk SSD NVMe, jaringan Intel Gigabit, Wi-Fi terintegrasi, USB 3.1 Gen2, teknologi audio SupremeFX dengan Sonic Studio II dan ops pencahayaani RGB yang terdepan di kelasnya dengan Aura Sync.

Dukungan untuk liquid cooling dan pencahayaan RGB, Strix X299-E mememiliki header untuk dua pompa air dan lampu LED. Juga tersedia beberapa kabel perpanjangan untuk memudahkan Anda menghias sistem sesuai selera.

Asus Prime X299

prime x299
prime x299-deluxe

Ditujukan bagi pengguna power user dan prosumer, seri Prime mencerminkan pengalaman ASUS puluhan tahun dalam memoles seluruh aspek teknologi motherboard. Jajaran motherboard ini menggabungkan ketersediaan konektivitas canggih dengan opsi tuning yang mudah diakses guna memberikan pengalaman terbaik untuk seluruh pengguna.

Seluruh motherboard X299 ASUS memiliki opsi overclocking dan pendingin ekstensif yang tersedia baik melalui UEFI maupun software. Motherboard Prime selangkah lebih maju dengan 5-Way Optimization yang secara cerdas melakuan overclock dan setting pendingin berdasarkan pada karakteristik setiap komponen. Para pemula bisa mengoptimalkan seluruh PC dengan mudah hanya dengan satu klik, sedangkan pengguna yang telah berpengalaman dapat mengatur lebih detil sesuai kebutuhan.

Penyempurnaan juga berlanjut pada gaya tampilan, didominasi kombinasi hitam dan putih, kombinasi warna sempurna untuk membangun PC, atau opsi lebih gemerlap dengan pencahayaan RGB. Motherboard ASUSPrime X299 dilengkapi beberapa header untuk strip LED yang bisa menerangi seluruh PC case. Jajaran header LED RGB itu merupakan bagian dari ekosistem produk Aura Sync yang bisa mensinkronkan warna dan efek di seluruh sistem.

Prosesor baru Intel Core™ X-Series membutuhkan pendingin yang memadai, itulah sebabnya seluruh motherboard ASUS X299 memiliki header khusus untuk pendingin all-in-one dan pompa air. Motherboard X299 seri Prime juga mendukung konfigurasi hingga tiga kartu grafis, dengan slot PCIe x16 yang diperkuat teknologi SafeSlot untuk mencegah kerusakan dan melindungi investasi Anda.

Jika ada PCIe lane yang tidak digunakan oleh kartu grafis dapat digunakan untuk media penyimpanan menggunakan VROC yang mengombinasikan beberapa SSD M.2 dalam konfigurasi RAID yang langsung terhubung ke CPU. Sejumlah media penyimpanan bisa disusun secara paralel pada kartu VROC guna menghadirkan kecepatan transfer file dengan kecepatan yang sangat tinggi. Didukung pula teknologi Intel Optane™ Memory yang menyediakan solid-state cache untuk mengakselerasi media penyimpanan lain.

Motherboard seri Prime baru dilengkapi dengan peningkatan audio, seperti  codec Realtek S1220A yang dikombinasikan dengan amplifier dan komponen kelas atas untuk hasil suara memukau dan sebening kristal yang mampu menandingi beberapa kartu suara.

 

Asus Prime X299 & Prime X299-A

Prime X299-A

Prime X299-A

Jajaran motherboard Deluxe ASUS selama ini telah menjadi standar pilihan perakit sistem kelas atas yang menginginkan motherboard terlengkap. Dan motherboard baru Prime X299-Deluxe meneruskan tradisi membanggakan tersebut. Ia menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan dari motherboard kelas atas, mulai dari I/O yang sangat cepat hingga peningkatan estetika terkini.

Setelah menjadikan tren pencahayaan RGB dengan Aura Sync, ASUS meningkatkannya ke tingkatan selanjutnya. Terutama dukungan strip lampu LED yang bisa diprogram (addressable RGB LED strip) untuk menawarkan kendali independen terhadap setiap titik LED pada strip guna menghadirkan efek pencahayaan lebih canggih. Deluxe memiliki header untuk strip lampu LED RGB yang bisa diprogram maupun LED RGB strip konvensional, plus dua lampu onboard di area I/O dan heatsink chipset.

Heatsink chipset juga mengusung LiveDash, sebuah layar OLED yang mampu menampilkan informasi penting berupa teks dan grafis. Anda bisa melihat temperatur, frekuensi, dan kecepatan kipas dengan mudah. LiveDash juga bisa menampilkan teks dan grafis animasi untuk hadirkan PC yang unik.

Media penyimpanan berkecepatan sangat tinggi dengan beragam form factor telah didukung oleh Deluxe. Selain menawarkan port U.2 untuk SSD kelas enterprise, Deluxe hadir dengan dua slot M.2 untuk media penyimpanan NVMe. Temperatur kedua M.2 benar-benar diperhatikan, slot M.2 primer berada di bawah heatsink chipset untuk mengurangi panasnya, sedangkan slot sekunder M.2 akan terpasang secara vertikal di dekat slot DIMM agar terkena aliran udara dari kipas sistem.

Performa jaringan ditingkatkan berkat Wi-Fi generasi baru dengan modul 802.11ad. Solusi dual-band ini dapat menghasilkan kecepatan nirkabel hingga 4,6 Gbps, jauh lebih tinggi dari kecepatan koneksi kabel. Deluxe juga menawarkan keunggulan konektivitas kabel dengan dua kontroler Intel Gigabit Ethernet, memberikan konektivitas berkecepatan tinggi yang andal.

Karena keterbatasan ukuran motherboard ATX, Prime X299-Deluxe hadir dengan dilengkapi beberapa add-on card. Dilengkapi mulai dengan kartu ThunderboltEX 3 yang menyediakan bandwidth 40Gbps untuk periferal eksternal. Kartu tambahan Fan Extension untuk tambahan header kipas dan sensor temperatur. Jika Anda menginginkan motherboard yang memiliki segalanya, Deluxe lah pilihannya.

 

Asus TUF X299 Mark 1 & TUF X299 Mark 2

tuf x299 mark 1

X299 Mark 1

Armor baru yang diperkuat membuat TUF X299 Mark 1 tampil berbeda dari pendahulunya. Tutup pelindung ini sekaligus mengatur udara pada motherboard dan mencegah akumulasi debu. Aliran udara di bawah dihasilkan oleh kipas khusus yang juga mengarahkan udara dingin ke slot M.2 primer untuk membantu menghalau panas.

Untuk mempertahankan stabilitas maka penting untuk mengelola panas komponen saat sistem dipacumaksimal, terutama pada platform high-end desktop. TUF X299 Mark 1 dibekali dengan sensor temperatur tambahan untuk memonitor beragam zona pada motherboard dan di sistem secara keseluruhan. Data sensor dikirimkan ke dalam software Thermal Radar 3 yang secara pintar mengelola pendinginan untuk menjaga temperatur dan tingkat kebisingan tetap rendah.

Armor terbaru ini merupakan yang terkuat, tapi kekuatan Mark 1 sebenarnya berasal dari backplate Fortifier. Pelat metal di bagian belakang ini dibentuk dan dilipat secara hati-hati untuk memperkokoh motherboard agar tidak mudah melengkung, dan kini sekaligus sebagai removable GPU Holder untuk menyokong bobot kartu grafis. Sebagai bonus, Fortifier membantu melepaskan energi panas dari beberapa titik panas di bagian belakang PCB.

TUF Detective menjalankan kembali perannya sebagai utilitas troubleshooting dan monitoring menggunakan smartphone. Tidak seperti versi sebelumnya yang membutuhkan koneksi kabel USB, versi terbaru melakukan diagnostik secara nirkabel melalui Bluetooth mengunakan adaptor USB yang tersedia.

Sebagai tipe TUF teratas, Mark 1 juga menambahkan beberapa daya tarik. Logo yang berpendar di bagian tengah motherboard bisa berubah sesuai beban kerja. Tersedia dua kontroler Intel Gigabit LAN serta varianlengap USB 3.1 Gen2: Type-A, reversible Type-C, dan internal header.

TUF X299 Mark 2tuf x299 mark 2

X299 Mark 2

TUF tampil lebih sederhana pada X299 Mark 2 dibanding Mark 1. Seperti Prime X299-A, motherboard ini sudah menyediakan seluruh fitur platform baru Intel, ditambah dengan inovasi ASUS seperti kecanggihan untuk overclocking , pendingin dan opsi tuning. X299 Mark 2 tidak dilengkapi dengan armor dan backplate,tampil dengan PCB bermotif gelap yang lebih mudah menyebar dalam gelap. Mark 2 membuat TUF lebih terjangkau bagi yang ingin tampil beda.

 

Artikel Terkait: