AMD Ryzen Threadripper Mungkin Akan Dibundling Dengan AIO Liquid Cooler


Share

Kalau sebelumnya ulasan.id sudah memberikan bocoran kotak AMD Ryzen Threadripper yang unik, kali ini ada berita lainnya mengenai prosesor Ryzen Threadripper. Seperti yang diketahui prosesor AMD Ryzen Threadripper memiliki ukuran die yang tergolong besar hingga nyaris dua kali lipat dari ukuran die Ryzen. Ukurannya yang besar tersebut bagi sebagian orang dianggap masih wajar karena prosesor tersebut mampu menyediakan hingga 16-cores jauh di atas pesaingnya sekarang ini. Namun dengan ukurannya yang ekstra besar ini memunculkan masalah baru, sistem pendinginnya. Seperti yang dilihat dari video yang diunggah AMD di channel YouTube, AMD Ryzen Threadripper, terutama seri 1950X dan 1920X memiliki spesifikasi TDP 180 watt.

Berarti sekarang prosesor Ryzen Threadripper memiliki 2 masalah fundamental. Pertama adalah ukuran die nya sendiri, ukuran yang sekarang dijual di pasaran sudah pasti tidak akan bisa bekerja dengan maksimal untuk digunakan di prosesor HEDT yang jauh lebih besar dibandingkan dengan prosesor kelas mainstream. Kedua adalah masalah spesifikasi “Thermal Design Power” atau disingkat menjadi TDP yang hingga mencapai 180 watt pada kecepatan stock alias belum di Overclock. Sebagai gambaran Cryorig R1 Ultimate seharga Rp. 1.030.000,00 (harga berdasarkan enterkomputer.com tanggal 26 Juli 2017) itu dibuat untuk prosesor dengan TDP hingga 250 watt. Dengan harga yang mirip ada Cooler Master MasterLiquid 120 yang sudah pasti memiliki performa ekstra.

Kotak AMD Ryzen Threadripper kemungkinan akan berisi AIO Liquid Cooler bisa dibenarkan. Bayangkan bagaimana cara konsumen mencari heatsink yang sesuai dengan ukuran Ryzen Threadripper, jika benar AMD memberikan AIO Liquid Cooler langsung di dalam kemasan kotaknya yang besar itu, tentu akan menjadi hal ekstra bagi konsumen apalagi bila harga 1950X sudah termasuk harga AIO Liquid Cooler mengingat harga Liquid Cooler berkisar $100. Bagaimana menurut kalian tentang langkah berani AMD ini? Tinggalkan komentarmu di bawah.

Artikel Terkait: