AMD Wraith Max Cooler, Stock Cooler yang Tidak Seperti Stock Cooler yang Pernah Ada


Share

AMD Wraith Max Cooler, kipas dengan kapasitas TDP 140W yang sebelumnya hanya bisa didapatkan langsung bila membeli AMD Ryzen 1700X dan 1800X kini sudah bisa dilepas ke toko retail. Awalnya Wraith Max hanya ditujukan kepada Ryzen 7, tetapi karena banyak user yang meminta, AMD akhirnya menjualnya secara satuan. Banyak yang memilih cooler ini untuk disandangkan dengan prosesor Ryzen miliknya, banyak alasan untuk memilih cooler ini seperti kemudahan pemasangan pada motherboard AMD yang tinggal memanfaatkan mekanisme per yang sudah disediakan, penampilannya yang meskipun stock cooler tapi cukup keren, LED, kesunyiannya yang hanya 38 dBa serta performa pendinginannya yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Wraith Max kompatibel dengan motherboard dengan soket AM4, AM3+, dan FM2. Warna RGB yang melingkar pada kipasnya juga bisa diatur melalui berbagai program RGB dari banyak manufaktur, seperti ASUS Aura Sync, Gigabyte RGB Fusion, MSI Mystic Light, Biostar Vivid LED DJ, dan ASRock RGB LED. AMD juga membundling cooler ini dengan program dari Cooler Master untuk mengatur RGB. Cooler ini menggunakan konektor USB dan RGB LED yang bisa ditemukan di motherboard untuk mengendalikan fitur pencahayaannya. Dibuat dengan menggunakan material tembaga untuk pendinginannya serta kipas yang diproduksi oleh Cooler Master sudah tentu menjamin kualitas cooler ini. Wraith Max juga dilengkapi dengan thermal paste yang sudah terpasang langsung di dasarnya, bagian ini tentu yang mengingatkan kita lagi bahwa Wraith Max adalah stock cooler. Kipas yang mengarah ke bawah juga membantu dalam mendinginkan komponen lain di motherboard seperti VRM sehingga tetap stabil saat overclock.

Dengan harga $59, apakah menurut kalian Stock Cooler ini mampu menggoyahkan hati pengguna Ryzen untuk menggunakannya? Terutama dalam hal kemudahannya, tentu tidak bisa dibandingkan dengan cooler after market yang memerlukan sedikit bongkar pasang. Bisa jadi Wraith Max adalah stock cooler yang paling bagus untuk sekarang ini, terutama untuk mereka yang ingin menonjolkan identitas AMD di casing mereka. Semoga saja Wraith Max masuk ke Indonesia.

Artikel Terkait: