Para Miner Ethereum Kecil Mulai Menjual Graphic Card Mereka


Share

Kabar baik akhirnya datang juga bagi para gamers yang baru ingin merakit PC mereka. Setelah beberapa bulan terakhir ini kabar buruk menghantam para gamers yang ingin merakit PC mereka akibat kenaikan harga komponen mulai dari RAM, SSD, hingga GPU sekarang mulai terlihat titik cerah GPU akan turun harganya akibat aksi jual GPU oleh para miner kecil.

Setelah beberapa saat lalu harga Ethereum melonjak sangat tinggi hingga mencapai titik tertinggi $400 sehingga menyebabkan beberapa pihak mencoba peruntungan menjadi miner kercil sehingga membeli GPU AMD dan Nvidia di awal Juni secara serempak. Hal tersebut mengakibatkan permintaan GPU menjadi sangat tinggi dan persediaan tidak mampu mengimbangi sehingga memicu kenaikan harga yang tinggi.

Tapi sekarang harga Ethereum turun hingga menyentuh $134,21 bulan ini (Juli 2017), lalu naik kembali ke titik $222,04. Meskipun harganya kembali seperti semula, tetapi harga tersebut masih terlalu tinggi untuk beberapa miner kecil untuk mendapat untung setelah mempertimbangkan beberapa faktor seperti biaya listrik terutama untuk menjalankan Mining Rig mereka. Sehingga beberapa miner kecil tersebut mulai menjual GPU mereka karena merasa tidak mendapatkan untuk yang memadai.

ether

Susahnya untuk “menambang Ethereum bagi para miner juga menjadi pertimbangan tambahan bagi para miner dadakan ini untuk melepas GPU mereka lagi. Berdasarkan data dari Etherscan, kesulitan “menambang” juga turut meningkat hingga mencapai rata-rata kesulitan tertinggi sebesar 1.304,917 TH pada tanggal 21 Juli 2017. Sebagai perbandingan, pada bulan Juli 2017, rata-rata kesulitan adalah 561.001 TH

Beberapa miner ada yang tetap percaya masa depan uang digital ini dan terus “menambang”. Tapi setidaknya persediaan GPU akan kembali stabil dan berpeluang harga GPU akan jatuh karena bakal banyak GPU bekas di pasar. Mungkin ini bakal menjadi kemenangan bagi para gamers di luar sana yang ingin membeli PC tahun ini.

Artikel Terkait: