top banner ulasan top banner ulasan

Processor Clover Trail Tidak Akan Mendapatkan Fitur Terbaru Windows 10


Share

Beberapa pemilik laptop dan tablet Windows 10 mengalami kendala dalam menginstal Windows 10 Creators Update. Dalam ketentuannya, Windows update awalnya menyatakan bahwa setiap laptop kompatibel dengan pembaharuan tersebut, tetapi beberapa pengguna menghadapi pesan “Windows 10 is no longer supported on this PC. Uninstall this app now because it isn’t compatible with Windows 10.”.

Pesan tersebut terdengar janggal, karena pengguna diminta untuk menghapus aplikasi tersebut dari Windows 10, tapi pengguna tidak perlu khawatir karena sebenarnya tidak ada aplikasi yang harus dihapus. Pesan tersebut maksudnya adalah hardware PC kamu sudah tidak kompatibel dengan pembaruan Windows 10 Creators Update dan selanjutnya alias dukungan software kamu berhenti sampai versi terakhir yang kamu miliki.

Perangkat Apa yang Terkena Imbas Ini?

Hingga artikel ini ditulis, pengguna yang mendapat pesan tersebut terutama adalah yang menggunakan prosesor “Clover Trail” milik Intel atau yang dikenal dengan Intel Atom dengan seri Z2760, Z2520, Z2560,dan Z2580. Microsoft dalam pernyataannya memutus dukungannya dengan alasan “Ikon dan/atau teks pada antar muka Windows mungkin tidak akan muncul sama sekali, atau hanya muncul sebagai warna solid pada beberapa perangkat.

Hal tersebut ternyata terjadi akibat Intel telah memberhentikan dukungan hardware yang berbasis “Clover Trail”, sehingga membuat Microsoft mengeluarkan pernyataan tambahan “Jika partner hardware berhenti mendukung perangkat atau salah satu komponen pentingnya seperti dukungan driver, firmware, atau perbaikan bug, dapat berarti perangkat tersebut tidak akan dapat berjalan dengan seharusnya pada pembaharuan fitur Windows 10”.

Bagaimana dengan Pembaharuan Keamanan?

Setelah beberapa waktu lalu kita dihadapi oleh seperti WannaCrypt, hal tersebut menjadi pengingat bahwa keamanan itu menjadi hal yang penting, terutama bila perangkat digunakan untuk kegiatan yang mission critical. Dengan kejadian tidak bisa update ini, muncul pertanyaan tentang masalah keamanan. Kabar baiknya, Microsoft masih memberikan dukungan untuk perbaruan keamanan hingga Januari 2023. Hanya fitur terbaru saja yang tidak akan didapatkan seperti Windows 10 Fall Creators Update dan selanjutnya.

Artikel Terkait: