Prosesor Intel Core i9 12-core Mungkin Akan Kalah Oleh Ryzen Threadripper Dalam Base Clock Speed


Share

Sebentar lagi, prosesor Intel i9 selanjutnya yang berbasis X299 akan diluncurkan, berhadapan langsung dengan prosesor AMD Ryzen Threadripper di kelas HEDT. Ryzen Threadripper beberapa saat lalu mengumumkan secara resmi sebagian spesifikasi resminya, sedangkan Intel terkesan masih malu-malu untuk memberikan pernyataan resminya mengenai prosesor 12-core terbaru milik mereka dengan seri Core i9-7920X.

Daftar harga yang diberikan Intel pada 14 Juli tersebut mengindikasikan bahwa Core i9-7920X dengan spesifikasi 16,5 MB cache , 12-cores, 24-threads, dan dengan clock speed 2,9GHz akan dihargai $1.200. Dengan daftar harga yang diberikan oleh Intel, secara tidak langsung Intel memberikan bocoran bahwa prosesor anyarnya akan memiliki clock speed 2,9GHz. Sebagai perbandingan, Ryzen Threadripper 1920X yang memiliki 12-cores 24-threads memiliki base clock 3,5GHz, sedangkan Ryzen Threadripper 1950X dengan 16-cores 32-threads memiliki base clock 3,4GHz.

Sepertinya tahun ini akan menjadi tahun yang berat bagi Intel khususnya di kelas HEDT. Selain masalah harganya yang terlalu tinggi, jumlah core yang lebih sedikit, sekarang mungkin akan diterpa masalah core clock yang juga lebih rendah dibanding Ryzen Threadripper. Sudah lama kita tidak lihat prosesor PC yang memiliki base clock kurang dari 3 GHz, apakah ini mengindikasikan bahwa Intel memiliki masalah untuk mengimplementasikan jumlah core di arsitektur Skylake-X? Masih ada waktu sebelum peluncuran sebenarnya, mari kita lihat apakah Intel dapat mengubah beberapa spesifikasi yang sudah ada, atau mungkin menyesuaikan harga agar lebih dapat diterima.

Artikel Terkait: