Ryzen Threadripper Mungkin Hanya Menyertakan Kit Penyangga dalam Paket Penjualan


Share

Setelah beberapa saat lalu ada rumor bahwa dengan paket penjualan berukuran besar tersebut mungkin saja menyertakan liquid cooler di dalamnya. Muncul lagi rumor terbaru bahwa dengan ukuran kotak seperti itu agak sulit untuk turut memasukkan AIO liquid cooler untuk sekaligus dibundling dengan Ryzen Threadripper melainkan akan membundlingnya dengan kit penyangga merek Asetek sehingga pengguna bisa menggunakan liquid cooler miliknya dari beberapa merek terkenal seperti NZXT Kraken, EVGA CLC, dan beberapa liquid cooler milik Crosair.

Sebelumnya ulasan.id menulis tentang masalah yang mungkin muncul pada awal peluncuran Ryzen Threadripper, terutama di bidang pendinginan. Sepertinya masalah tersebut akan menghilang sebagian, ya sebagian karena masalah lainnya tetap ada. Salah satu masalah yang akan hilang adalah masalah mengenai sistem pendinginan yang terbatas, hal ini sudah diakali oleh AMD dengan memberikan kit penyangga langsung di dalam kemasan. Tapi hal penting lainnya yang belum terselesaikan adalah masalah efektivitas pendinginan, karena sistem pendinginan hanya mengubah pendingin yang ada agar bisa dipakai, berarti luas permukaan pendingin akan lebih kecil dibandingkan dengan luas die Ryzen Threadripper.

Walaupun cara yang dilakukan AMD tidak terlalu elegan, tapi cara ini mampu menyelesaikan beberapa masalah mengenai suhu prosesor Ryzen Threadripper. Mari kita berikan waktu bagi ekosistem HEDT AMD untuk berkembang, karena ini pertama kalinya AMD masuk ke wilayah HEDT.

Artikel Terkait: