Ulas Motherboard Gigabyte X299 Aorus Gaming 9 dan Intel Core i9


Share

Team Ulasan ID berkesempatan mengulas Motherboard Gigabyte X299 Aorus Gaming 9, sebelum mengulas lebih jauh Berikut Kita lihat tabel spek dan harga processor Intel Core X-Series terlebih dahulu:

intel table

Kaby Lake-X 4 core punya 16 PCI Lanes,namun usb memakai 4 pci lane, sata memakai 4 pci lane, sisanya 8 pci lane, berarti vga 1080ti pun bila disandingkan ke kabylake x akan terbaca 8 kali, lalu untuk apa cpu Kaby Lake-X? Processor G4560 bisa baca sampe 16 pci, bila di x299 tidak bisa kemungkinan user akan membeli motherboard B250 aja atau H110 aja sekalian, tapi jangan VGA Card 1080ti kalian masukin juga ke H110. Tapi jangan takut, untuk gigabyte aourus x299 gaming 9 ini jika dipasangkan kabylake x, vga kalian tetap terbaca x16 karena gigabyte menambahkan PLX di mobo ini agar bisa berjalan di x16. Nah untuk Skylake-X 6 dan 8 core punya 28 PCI Lanes, Skylake-X 10 core punya 44 PCI-Express Lanes, sedangkan ryzen 7, 5, 3 mempunyai 24 pci lane. Nah pada masalah ini, jika kita ingin running SLI atau crossfire X dengan konfigurasi 2 X 16 kita harus beli yang 10 core dimana itu harganya 1000 dollar sedangkan pada ryzen threadripper 16core dengan $1000 kita mendapatkan 60 pci lane, 3 GPU bisa berjalan x16.

Kedua masalah harga yang belum bersaing dengan AMD ryzen dan threadripper, dimana ryzen 7 1800x $430 sedangkan i7 7820x $ 600, bahkan 8 core termurah dari ryzen berada di harga $270, sedangkan threadripper diharga $1000 dengan 16core 60 pci lane. Kasarnya, kita dapat cpu dan mobo jika pilih amd, tapi jika plih intel kita hanya dapat CPU saja.

Ketiga intel core X series berarti extreme series, mengapa ada 4 core, dimana itu harusnya di taro di socket lga 1151, dan bahkan lucunya lagi ada core i5 di extreme series, ini apanya yang extreme, cara bisnis nya yang extreme , ini untuk apa pak brian CEO nya intel. Keempat masalah konfigurasi memory, kabylake x hanya support dual channel, sedangkan mobo nya mendukung quad channel, bila dipasang dua keping saja di mobo, dari segi estetika kurang menarik karena mobo yang keliatan extreme pun jadi terlihat tidak garang.

Bila unboxing mobo Gigabyte X299 , maka di dalam boks terlihat penuh banget RGB, dari pendingin chipset, vrm, io shield, dan slot pci. Untuk pengaturan RGBnya pun bisa kalian atur semau kalian pada software yang telah disediakan oleh Gigabyte yaitu RGB fusion. Mobo ini juga sudah ada armor pada bagian belakang mobonya, pada bagian slot memory, dan slot pci. Sehingga bending bending pergi menjauh. Hebatnya lagi, io shield pada mobo ini langsung terpasang dan jelas ada RGBnya juga.

Untuk pendingan chipsetnya, mobo ini bisa dicustom untuk gambarnnya sesuai kemauan kita, lumayan untuk memperindah mobo ini. Mengenai io nya mobo ini punya 1 ps2,1 usb type c, 4 usb 3.1 gen kedua, 4 usb 3.1 gen pertama, 1 lan intel 1 lan killer e2500, 2 connector untuk antena wifi,1 optical connector, dan 5 audio jack, nah audionya ini sudah built in high end DAC didalamnya dgn dukungan ESS Sabre Hi-Fi dan gold capasitor, pastinya sudah mendukung gamers bukan.

Untuk bagian storagenya, mobo ini sudah menyediakan 8 sata dan 3 slot m2, dan mobo ini juga menyediakan 1 m2 pci tambahan, semua socket m2 sudah disiapkan pendingin sehingga mencegah throtling pada m2 ssd. Ada beberapa overclocker yang permasalahkan tentang VRM pada x299, kalian bisa liat video di channel derbauer, jadi disini Team Ulasan ID mengetes juga untuk vrm nya, melalui software hwinfo, dan diberi fan 1500rpm di dekat vrmnya

Pada kondisi default mengeluarkan power 122 watt full load suhu vrm berada di 40 derajat. Pada kondisi OC mengeluarkan power 268 watt full load suhu vrm berada di 59 derajat
Dilahat dari kasus ini, jika kalian mau melakukan overclocking pada x299 khususnya skylake x, kalian harus memberi fan pada bagian atas casing kalian, untuk menjaga suhu vrm, ini berlaku untuk semua mobo x299, jika hanya default, ya lupakan saja

Sekarang kita masuk aja langsung pada bagian benchmark. Untuk CPU nya Kita memakai core i9 7900x, dan karena skylake nyaman digunakan untuk overclocking, Kita mencoba overclock 4.7 ghz 1.25v. Memory G.skill tridenz 4 x 8gb 3600c16 dengan chip samsung b die, Kita  jalankan hanya di XMP, Vga Card MSI RX 580, Ssd kingston hyper x 120 gb. Power Supply xfx 750 watt, Coolingnya Antec H1200.

Hasil Benchmark:

aida
cpu draw
crystal
as ssd
gb mem
gb
handbrake
pc mark
xtu
vrm
fse
gta
batman
tomb
aots

BEgitulah hasil benchmarknya,bila dilihatdari cpu nya, ya bisa dibilang memang luar biasa untuk skor skornya dan harganya juga luar biasa.tapi kalo untuk kabylake x, untuk platform iniKita tidak menyarankan untuk pake CPU itu, karena masalah pci lane yg tadi Kita sebutkan, kecuali kalian beli mobo yang menmbahkan PLX seperti mobo ini supaya vga kalian bisa berjalan x16. Bila diliat dari mobonya, dibilang cukup puas, pertama professional dalam hal RGB, semua di sediakan dalam hal RGB, untuk m2 juga sudah ada heatspreadernya, untung tidak RGB, Kalau RGB juga udah terlihat gawat demam RGB jaman sekarang, tapi tidak menutup kemungkinan juga, dari audio juga sangat menunjang para gamer. Untuk overclocking juga sudah membantu banget karena telah memakai 2 buah 8 pin untuk power cpu sehingga mengurangi throttle pada saat overclocking.

Positifnya dari x299 ini adalah dalam hal overclocking. Dimana memory bisa berjalan sangat tinggi, bahkan mobo ini support hingga 4400, dan juga pada core clock cpu skylake x yang sangat tinggi ketika di overclocking dengan voltase yang bisa dibilang rendah, cpu yang Kita pakai bisa berjalan 4,7ghz di 1,2 v stabil dan lolos stress test, dimana pada platform high end dekstop Kita tidak pernah dapat clock tinggi dengan voltase rendah seperti ini.

Artikel Terkait: