top banner ulasan top banner ulasan

4 Hal yang Samsung Galaxy Note 8 Bisa Lakukan tapi Galaxy S8 Tidak

Galaxy Note 8

Selain layar yang sedikit lebih besar dan desain yang agak mengkotak, Note 8 memiliki beberapa fitur yang hanya bisa dinikmatinya sendiri saat dibandingkan dengan Galaxy S8 maupun S8 Plus.

Menulis pada layar
Sudah jelas kemampuan menulis pada layar hanya bisa dinikmati oleh Note 8 karena memiliki S-Pen. Pen Note 8 sekarang sudah waterproof, lebih sensitif dan memiliki ujung yang lebih kecil untuk kemudahan menulis. Samsung juga meningkatkan 2 fitur S-Pen seperti Screen Off Memo dan terjemahan menggunakan S-Pen.

Screen Off Memo sekarang dibatasi hingga 100 halaman berisikan, note, penginat, sketsa, dan apapun yang diinginkan. Penerjemahan sekarang juga mampu menerjemahkan sebuah kalimat lengkap dibandingkan sebelumnya yang hanya bisa menerjemahkan kata per kata.

Trik kamera
Sekali lagi ini kemampuan yang jelas hanya ada di Note 8 karena dilengkapi fitur dual camera. Dengan kamera kedua di belakang Note 8, pengguna dapat memfoto dengan mendapatkan informasi depth-of-field sehingga menciptakan efek bokeh atau bahasa sehari-harinya, subjek foto akan terlihat fokus tapi latar belakang akan terlihat buram. Dengan note 8, pengaturan efek bokeh tersebut dapat digunakan sebelum maupun setelah difoto dengan menggunakan fitur Live Focus.

Fitur keren lainnya, Dual Capture, memberikan kemampuan utnuk zoom out pada foto yang sudah diambil sehingga menampilkan keseluruhan pemandangan.

Live Messages
Mirip dengan fitur Apple Digital Touch, Live Message memungkinkan pengguna untuk menggambar atau menuliskan pesan lalu membagikannya dalam bentuk animasi.

Dengan menggunakan S-Pen, pengguna dapat menggambar pada foto atau menuliskannya pada pesan dan Note 8 akan merekam setiap gerakan. Gambar yang dibagikan akan menggunakan standar GIF yang seharusnya dapat digunakan pada setiap perangkat.

App Pair
Multiwindow app bukanlah barang baru bagi perangkat Samsung, perusahaan korea ini mengimplementasikan fitur ini bahkan sebelum Google memasukkannya ke Android Nougat. Dengan Note 8, Samsung membuatnya lebih mudah untuk membuka dua aplikasi yang sering digunakan bersama-sama.

Fitur ini bernama App Pair dan merupakan bagian dari fitur Edge screen. Menggunakan App Pair, pengguna dapat memilih dua aplikasi, sebut saja kalender dan pesan sebagai sebuah shortcut. Ketika pengguna menekan shortcut tersebut, kedua aplikasi akan terbuka bersama-sama. Pengguna dapat memilih gabungan aplikasi apapun selama aplikasi tersebut mendukung mode multiwindow.

Samsung experience
Beberapa fitur tersebut, Live Message dan App Pair sebagai contohnya, tidak hanya bergantung pada hardware. Tentu saja memungkinkan untuk Samsung memboyong fitur tersebut ke semua perangkat miliknya. Perwakilan Samsung, melalui CNET mengatakan bahwa beberapa fitur berbasiskan software akan datang ke Galaxy S8 dan S8 Plus tapi tidak memberikan waktu spesifik kehadirannya.

Artikel Terkait:

Share