ASRock: Intel Coffee Lake, Processor Baru, Socket Baru


Share

Pada twitter resminya, ASRock mengkonfirmasi bahwa Intel Coffe Lake tidak akan bisa lagi digunakan pada motherboard Intel yang sudah ada. Hal ini menunjukkan bahwa arsitektur terbaru Intel akan menghadirkan perubahan besar pada processor selanjutnya ini. Tentu saja teknologi processor baru akan memerlukan teknologi chipset yang baru sehingga processor ini dapat menampilkan performa puncaknya. Tentu saja pernyataan ini hanya sebatas pada tweet di media online, masih ada kemungkinan miskomunikasi internal sampai ASRock atau pihak intel mengeluarkan pernyataan resminya.

ASRock Tweet Coffee Lake

Tapi perubahan socket motherboard tentu terdengar masuk akal, terutama melihat sejarah Intel sebelumnya yang selalu mengeluarkan socket baru untuk setiap processor barunya. Pada sebuah sisi, konsumen bisa berharap bahwa processor Coffee Lake akan menawarkan arsitektur terbaru Intel yang mungkin saja kembali mengubah susunan pasar processor lagi. Tapi di lain sisi, konsumen yang sudah membeli processor Kaby Lake berarti harus puas dengan lini tertinggi i7-7700K. Bagi yang sudah memiliki i7-7700K berarti sudah tidak ada lagi upgrade processor sehingga harus puas dengan processor 4-core.

Tentu sekali lagi pertarungan antara dua produsen processor terbesar ini akan membuat pasar menjadi lebih kompetitif dan pada akhirnya akan menguntungkan konsumen karena konsumen sekarang bisa memilih processor yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Artikel Terkait: