Gara-gara Radeon Pro Vega Frontier, Nvidia Membuka Fitur Tambahan untuk Titan Xp


Share

Tahun ini sepertinya AMD secara agresif mulai ekspansi. Mulai dari 6 bulan pertama fokus kepada prosesor Ryzen, tampaknya AMD mulai melirik pasar GPU untuk selanjutnya. Setelah beberapa hari yang lalu AMD memperkenalkan deretan Radeon Vega, ada satu hal yang sepertinya Nvidia mulai bersiap-siap agar tidak menjadi korban dari agresivitas AMD di pasar GPU. Nvidia menambahkan (atau sepertinya membuka kunci) untuk beberapa fitur profesional untuk Titan Xp melalui pembaharuan driver.

Nvidia berjaga-jaga terhadap penjualan Radeon Pro Vega Frontier Edition, dan Pro WX 9100. Dengan pembaharuan driver tersebut, Titan Xp mendapatkan beberapa fitur yang hanya ada di kartu grafis profesionallya, Quadro. Salah satu fitur profesional yang ditambahkan adalah fitur untuk aplikasi Maya, sehingga memberikan “3x performa lebih” untuk software tersebut.

Dengan harga USD 1.199, Titan Xp memiliki fitur penuh yang dimiliki prosesor grafis “GP102” dengan 3.840 CUDA cores, 240 TMUs, 96 ROPs, dan 12 GB GDDR5X yang memanfaatkan interface memory 384-bit yang dimiliki chip tersebut. Dengan memory clock 11,4 GHz, kartu grafis ini memiliki bandwidth memory sebesar 547,6 GB/s, jauh lebih besar dibandingkan dengan Radeon Pro Vega Frontier Edition yang “hanya” memiliki bandwidth sebesar 484 GB/s.

Sekali lagi, AMD berusaha mengubah susunan pasar. Sebelumnya, AMD berhasil mengubah susunan pasar prosesor, akankah AMD bisa mengubah susunan pasar graphic card dengan Radeon Vega? Waktu akan membuktikan!

Artikel Terkait: