Hacker Dibalik Penghentian WannaCry Ditangkap

WannaCry

Share

Masih ingat dengan kejadian ransomware WannaCry? Malware yang tergolong sebagai ransomware ini sempat menyandera beberapa rumah sakit di Indonesia sehingga membuat Kemenkominfo menyatakan keadaan darurat dan berhati-hati atas penyebarannya terutama di instansi yang tergolong sangat penting seperti rumah sakit dan perbankan.

Marcus Hutchin

Namun akhirnya WannaCry yang menyerang British National Health Service berhasil dihentikan oleh Marcus Hutchin. Marcus Hutchins ditangkap dengan tuduhan keterlibatannya mengenai malware Kronos di Amerika Serikat. Marcus Hutchins sendiri berasal dair UK dan dikenal sebagai “Malware Tech” di komunitas keamanan siber sedang berada di Amerika Serikat untuk menghadiri Def Con.

Amerika Serikat telah mengkonfirmasi bahwa Hutchins, 23 tahun “telah di tahan di Amerika Serikat pada tanggal 2 Agustus 2017 di Las Vegas, Nevada … akibat perannya dalam membuat dan menyebarkan Trojan perbankan Kronos”

Kronos sendiri adalah sebuah malware yang mengumpulkan detail login seseorang mengenai aktivitas perbankannya dengan tujuan mencuri uang dari rekening mereka. Malware ini ditawarkan di forum kriminal siber pada tahun 2014 dengan harga $7.000

Artikel Terkait: