top banner ulasan top banner ulasan

Intel Ruler SSD, Kapasitas Hingga 1 Petabyte dan Ukurannya seperti Namanya

Intel Ruler SSD

Sudah tidak asing bagi kita mendengar Intel memperkenalkan SSD buatannya agar bisa diterima oleh banyak konsumen. Bahkan pada saat NVMe SSD baru diperkenalkan, Intel merupakan salah satu vendor ternama yang meluncurkannya. Harga yang relatif mahal mungkin dikarenakan Intel ingin membentuk ekosistem baru dibandingkan fokus menjual SSD.

Kali ini Intel datang dengan SSD berukuran 1 Petabyte. Dengan ukurannya, literally, SSD ini lebih pas disandingkan dengan Server, lebih spesifik lagi Rack Server. Intel membuat Ruler SSD berukuran panjang seperti penggaris, panjang dan tipis, berusaha menggantikan bentuk konvensional SSD yang sudah ada. Karena sebenarnya SSD 2.5” dibuat agar ukurannya tetap kompatibel dengan ukuran HDD yang sudah ada lebih dahulu. Ukuran Intel Ruler SSD ini mengadopsi ukuran standar 1U server rack sehingga dapat dipasangkan di antara server yang padat.

Intel tidak menjelaskan spesifikasi lebih mengenai kapasitas ataupun interface yang digunakan pada Intel Ruler SSD, tapi Intel berkata bahwa dengan menyematkan Ruler SSD ke dalam sebuah server memungkinkan server 1U untuk memiliki 1 petabyte. Sebagai perbandingan 10TB HDD memerlukan sebuah server 4U dengan 100 slot drive. Bayangkan jika slot 4U diisi server 1U dan 3 Ruler SSD. Pengguna bisa mendapatkan 3 petabyte. Tentu ini adalah perkembangan yang signifikan. Sepertinya ini adalah persiapan Intel untuk menghadapi era Big Data. Penting saat perusahaan memerlukan storage lebih, tapi tidak memungkinkan lagi untuk menambah luas bangunan.

Artikel Terkait:

Share