Mengenal Singkat Software Benchmark


Share

Benchmark adalah teknik pengetesan dengan menggunakan suatu nilai standar menurut wikipedia atau dari Team Ulasan ID bisa mengatakan benchmark adalah suatu pengujian hardware dalam bentuk skor. Berikut Ulasan ID akan merangkum singkat benchmark benchmark yang biasa digunakan oleh Team Ulasan Id saat mereview komponen Komputer sehingga para pembaca tahu maksud dari pengetesan tersebut.

Cinebench r15
software ini digunakan untuk pengujian CPU. Software ini merupakan simulasi pengujian rendering 3d tapi hasilnya bukan berapa lama waktu yang dihasilkan, tapi berbentuk point. Test ini juga menggunakan hampir 95% power dari CPU, 5 % nya lagi dari memory. (https://www.maxon.net/en/products/cinebench/)

Geekbench
digunakan untuk menguji CPU dan Memory. Pengujiannya pun dari simulasi skenario penggunaan aplikasi yang sering kita gunakan pada single core maupun multicore. Pada test memory, benchmark ini juga sangat berpengaruh dengan timing dan frekuensi / clock memory kita. (http://geekbench.com/geekbench3/)

PCMark 8
Software benchmark paling lama nunggu untuk waktu pengetesannya, memakan waku 45 menit kurang lebih. benchmark ini menguji CPU VGA dan Memory. Yang di uji dari benchmark ini adalah real life aplikasi yang kita pake. Seperti web browsing, writing, gaming, photo editing, and video chat web browsing, video editing, group video chat, media transcoding, gaming, basic office work tasks, Storage test, Adobe Creative Suite and Microsoft Office, dan sedangkan di laptop ada benchmark battery life (https://www.futuremark.com/benchmarks/pcmark8)

aida 64 cache and memory benchmark
dari namanya tentu aja software ini menguji memory. Aida 64 ini berguna untuk menghitung seberapa cepat read, write, copy dan seberapa rendah latency memory kita, pada benchmak ini yang mempengaruhi adalah dari memory dan CPU (https://www.aida64.com/products/aida64-extreme)

Intel XTU
software ini untuk pengujian CPU dan Memory, software ini sebenarnya untuk menguji kestabilan dan sebagai utility tool overclocking. Tapi pada XTU ini kita juga bisa menjalankan benchmark, dan tidak sedikit juga home user atau overclocker menggunakan software ini sebagai panduan kestabilan dan performance pada PC mereka. Dengan namanya intel XTU, CPU selain intel pun tidak bisa memakai software ini (https://goo.gl/tQus14)

Handbrake
software transcoder video yang berbasis open source. Software ini digunakan untuk pengujian CPU, yang diambil adalah seberapa cepat waktu CPU mentranscode suatu video.

HWinfo
Software untuk monitor hardware sebenernya, seperti suhu, clock, voltase, dan lain lain. Yang biasa Kita pakai saat benchmark adalah monitor sensor suhu CPU, VRM, dan CPU Package Power atau power draw dari CPU yg sedang di uji. (https://www.hwinfo.com/)

3DMark Fire Strike
Software ini adalah software benchmark yang paling umum. Benchmark ini bisa untuk menguji VGA CPU dan juga memory. Bisa dibilang 3dmark adalah pengujian simulasi pada game direct x 11. 3DMark Fire Strike simulasi game pada resolusi 1080p, 3DMark Fire Strike Extreme simulasi game pada resolusi 1440p dan 3DMark Fire Strike Ultra simulasi gaming pada resolusi 2160p. Ada juga 3DMark Timespy, pengujian simulasi benchmark game pada direct x 12 dengan resolusi 1080p. Sementara hanya ada resolusi 1080p yang mendukung benchmark ini. (https://goo.gl/f2k8QE)

As ssd benchmark dan crystal disk mark
benchmark ini adalah software pengujian storage drive kalian. Pengujian ini juga bisa dilakukan untuk menguji kecepatan sata dan usb pada mobo kita.

CPU Z & GPU Z
Software CPU Z ini untuk mengetauhi info dari CPU, memori, motherboard, dan VGA, dan Software GPUZ ini khusus membaca detail VGA, driver, bios, sensor, dan lain lainnya.

Dan yang terakhir ada beberapa Game yang menyediakan Benchmark di game itu sendiri, seperti Grand Theft Auto 5, Rise of the tomb Raider, Ashes Of The Singularity, Batman Arkham Knight, dan lain lainnya.

Artikel Terkait: