top banner ulasan top banner ulasan

Nvidia Volta, Penantian yang Masih Panjang, Harap Bersabar!

Nvidia Tesla

Sejauh ini Nvidia hanya menampilkan GPU Volta V100 bagi pasar enterprise/server yang memiliki fitur mutakhir yang didesain untuk mempercepat kalkulasi Artificial Intelligence serta menawarkan performa komputasi yang luar biasa. Dengan diperkenalkannya Volta, banyak konsumen menjadi semangat akan hadirnya Volta, tapi jangan senang dulu, sepertinya Nvidia belum berencana untuk menawarkan GPU dengan basis Volta ke konsumen.

Menurut CEO Nvidia, Jen-SHun Huang, Nvidia tidak berencana untuk merilis Volta pada “Musim Liburan” ini atau “dalam waktu yang dekat” seraya berkata bahwa Arsitektur Pascal masih belum bisa dikalahkan. Berikut adalah kutipan dari Nvidia.

“Kami belum mengumumkan apapun mengenai Volta untuk gaming. Dan yang bisa saya katakan bahwa pipeline kita berisikan oleh permainan baru untuk para gamer, dan kita memiliki beberapa teknologi baru yang menarik untuk ditawarkan kepada para gamer. Tapi untuk musim liburan dan dalam waktu yang dekat, saya rasa Pascal masih belum terkalahkan. Pascal masihlah hal yang terbaik saat ini. Dan untuk semua orang yang menantikan untuk bermain Call of Duty atau Destiny 2, jika mereka belum punya, haruslah mereka keluar dan mendapatkan Pascal bagi dirinya.”

Begitu kurang lebih kutipan dari Nvidia. Volta untuk konsumen akan menghadapi penundaan untuk berbagi macam alasan, mungkin akibat proses manufaktur, masalah teknis maupun masalah lainnya.

Hadirnya Vega belum dirasa menjadi ancaman yang cukup berarti bagi Nvidia di segmen GPU, setidaknya untuk sekarang. Kurangnya kompetisi yang bisa dilihat pada tulisan “Pascal masih belum terkalahkan” adalah cara pandang Nvidia saat ini pada segmen GPU. Sehingga masih mungkin Nvidia sebenarnya menahan Volta untuk beberapa saat hingga saingan yang sesungguhnya muncul bagi arsitektur Pascal. Volta sendiri diprediksi akan hadir pada pertengahan tahun 2018, jadi setidaknya masih ada waktu 1 tahun lagi bagi konsumen untuk menunggu dengan sabar.

Artikel Terkait:

Share