Platform X399 Tidak Mendukung Boot NVMe pada Mode RAID

NVMe

Share

Akhirnya ada berita yang mungkin akan menghibur sedikit untuk Intel Fanboy setelah berturut-turut melihat berita mengenai ketangguhan Ryzen Threadripper. Sudah kita ketahui Ryzen Threadripper memiliki konektivitas yang lengkap. Tapi segala kelebihannya tersebut ternyata memiliki sebuah kelemahan, mungkin bukan kelemahan yang fatal bagi sebagian besar orang, tapi mengingat target pasar Ryzen Threadripper sebagai HEDT, kekurangan ini tentu menjadi hal yang cukup penting.

Akhir-akhir ini banyak laporan yang menyatakan bahwa Ryzen Threadripper memiliki masalah bila ingin melakukan booting dari NVMe RAID. Masalahini bisa diselesaikan dengan cara menggunakan NVME RAID HBAs di slot PCIe. Ryzen Threadripper sendiri menggadang-gadangkan fitur 64 lane PCIe sehinga memungkinkan setidaknya 2 graphic card untuk mengakses bandwidth 16x serta mendukung perangkat yang memanfaatkan PCIe seperti NVMe SSD. Meskipun pengguna masih bisa melakukan RAID 0 NVMe untuk sekedar melakukan akses data, RAID 0 NVMe masih belum bisa melakukan booting dengan mode RAID 0 NVMe. Hal ini mungkin terjadi karena arsitektur Ryzen itu sendiri.

Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, Ryzen Threadripper sendiri merupakan gabungan dari 4 CCX. Jumlah 64 lane PCIe juga merupakan gabungan dari 4 CCX tersebut, sehingga 1 CCX memiliki dukungan hingga 16 PCIe. Ada kemungkinan slot NVMe tersebut menggunakan PCIe dari CCX yang berbeda sehingga menimbulkan masalah konektivitas. Tapi tenang saja boot RAID dengan SATA masih bisa dilakukan. Kita harap AMD bisa segera memperbaiki masalah ini. Karena platform HEDT tidak mengenal kompromi.

Artikel Terkait: