top banner ulasan top banner ulasan

Ulas Corsair Void Pro Surround Gaming Headset


Corsair memadukannya dengan kabel sepanjang kira kira 2 meter dengan menggunakan konektor combo jack 3.5 mm Mic/Headphone. Dengan Combo Jack 3.5 mm, Headphone ini praktis bisa digunakan untuk perangkat lain selain PC, seperti konsole PS4 dan XBox ataupun untuk smartphone. Pada body headset ada 1 tombol fisik untuk mengaktifkan dan mematikan mic secara langsung serta 1 volume control untuk mengatur volume dengan cepat Khusus untuk pengguna PC, dapat menggunakan USB adapter yang disediakan untuk menikmati Efek Surround khas Dolby Headphone 7.1 melalui aplikasi Corsair yang bisa diunduh langsung di website Corsair.

Untuk Headphonenya sendiri memiliki Frequency Response 20 Hz hingga 20 kiloHz dengan impedansi 32 Ohm @ 1 kiloHz. Sensitivitas hingga 107 desiBell yang dihasilkan dari drivers berukuran 50mm. Sedangkan Microphone Void Pro Surround menggunakan tipe Unidirectional noice-cancelling dengan rotating boom yang sudah tersertifikasi Discrod untuk menghasilkan suara yang jernih dnegan impedansi 2 kiloOhm, dengan Frequency Response 100 Hz hingga 10 kiloHz dan sensitivitas -38 DB

Untuk memanfaat kan keseluruhan fitur yang dimiliki Void Pro Surround, Corsair menyediakan software yang bisa diunduh secara gratis di website resminya, yaitu Corsair Utility Engine atau yang Corsair singkat sebagai CUE. Beberapa fitur yang bisa diakses melalui CUE fitur Surround Dolby Headphone 7.1. Corsair sendiri menyediakan 5 preset default untuk setiap kebutuhan, mulai dari “Pure Direct” untuk suara asli yang dihasilkan headset ini , “Movie Theater” yang menghasilkan suara dengan rentang lebih luas untuk menonton video, “FPS Competition” untuk bermain game FPS sehingga suara yang dihasilkan cukup untuk mendengar langkah lawan serta komunikasi yang jernih dengan teman, “Clear Chat” untuk menginginkan komunikasi suara yang jernih, dan “Bass Boost” bagi mereka yang senang mendengarkan musik terutama yang memiliki bass seperti Dance dan House Music.

Desain dari Corsair Void Pro Surround mengadopsi desain dari seri Void yang sudah-sudah sehingga kesan gamingnya sudah pasti melekat. Terlebih dengan logo Corsair yang tertera memantapkan posisi headset ini sebagai headset gaming. Dengan segala desain gaming yang ditawarkan ada beberapa fitur yang terasa hilang di headset Void Pro Surround ini terutama fitur RGB karena konektor 3.5mm jack tidak didesain untuk menghantarkan daya dan data untuk menyalakan dan mengubah setting RGB, kekurangannya yang lain ada pada kabel yang belum di braided untuk memberikan umur yang lebih panjang. Earpad yang ditawarkan Corsair untuk headset Void Pro Surround menggunakan bahan yang berkualitas untuk menutup suara dari luar sehingga bisa fokus pada game yang dimainkan. Dengan desain yang bisa dilepas serta menggunakan bahan Memory Foam yang dilapisi dengan Microfibre Mesh memastikan kenyamanan bermain game dalam waktu yang lama.

Headset Void Pro mengeluarkan suara yang crispy bagi yang mendengarkan dan kurang terasa bass yang dihasilkan meskipun sudah mengatur preset “Bass Boost” pada CUE. Terlepas dari segala kekurangannya, Corsair tetap mempertahankan fungsi utama dari Headset gaming, yaitu untuk berkomunikasi secara jelas saat bermain. Dan Corsair berhasil menyampaikan hal tersebut pada produk terbarunya Corsair Gaming Void Pro Surround. Penggunaan Combo Jack 3.5mm juga dinilai bijak karena banyak laptop yang menggunakan combo jack, tapi sudah tentu harus menggunakan USB Adapter untuk menikmati fitur Surround Dolby Headphone 7.1. Mengingat VOID PRO Surround menggunakan 3.5mm Jack untuk terhubung dengan perangkat, ketiadaan RGB tentu bisa dimaklumi karena 3.5mm jack tidak didesain untuk bisa menyalurkan daya untuk RGB. Jika memang menginginkan adanya RGB, VOID PRO RGB yang menggunakan koneksi USB bisa menjadi pilihan dengan harga yang sama $79.99. Corsair juga percaya diri dengan kualitas produknya untuk menawarkan garansi hingga 2 tahun.

Untuk lebih lengkapnya bisa ditonton video berikut ini.

Artikel Terkait:

Share