Ulas Motherboard MSI X299 SLI Plus


Share

Motherboard Msi X299 SLI Plus ini memang seri termurah diantara MSI X299 lainnya, harga mobo ini berada di sekitar 5,5 juta rupiah. Saat Team Ulasan ID unboxing,
didalam box nya ada mobo 2 kabel sata, IO panel, SLI HB bridge, quick instalation guide,CD Driver dan utility, user guide, dan yang terakhir ada memory installation notice, ini penting untuk yg bingung untuk instalasi memory, tidak bisa dipungkiri bahkan teknisi komputer juga banyak yang bingung akan hal ini.

Mobo ini termasuk kelas pro series, untuk para professional, MSI tetap memberi sentuhan RGB pada mobo ini. RGBnya ada pada heatsink chipset dan heatsink pwm. Tidak lupa juga ada RGB Header pastinya. Selain itu mobo ini memberikan armor pada IO panel sampai ke audionya dan 2 slot pcie pada mobo ini.

Untuk storage mobo ini punya 8 port sata 3, 2 slot m.2, untuk slot m.2 1 slotnya disediakan heatsink untuk mencegah throtle dan dipastikan semua slot m.2 mendukung intel optane, dan yang terakhir ada 1 port u.2 . Untuk IO portnya, mobo ini menyediakan 1 tombol clear CMOS, 1 tombol bios flashback, 1 port PS2 combo, 4 usb 2.0 type A, 4 usb 3.1 type A, dual intel LAN, 1 usb 3.1 gen 2 type A dan C, dan yang terakhir audio port dari Realtek® ALC1220 yang mendukung sampai 7.1 channel dengan audio boost iv. Untuk debuging, MSI telah menyediakan post code dan EZ debug LED untuk mempermudah sewaktu debugging. Selain itu MSI menyediakan tombol on off dan reset, yang pastinya membantu untuk penggunaan pada benchtable open case.

Seperti biasa Kita jelaskan dulu spesifikasi hardware yang Kita pakai untuk benchmark, CPUnya Core i9 7900x yang akan berjalan pada default dan di OC ke 4,7 1.25 volt. Memorynya Corsair Vengeance l px 4 x 8 gb 3200c16 yang berjalan pada XMP. SSD kingston Hyperx 120 gb. VGA MSI RX 580 gaming X plus. PSU Thermaltake thoughpower grandseries RGB 750 watt dan coolingnya Kita pakai corsair H110i

Mari kita lihat benchmarknya:

aida
as ssd
CB
cpu powerdraw
crystal disk
gb mem
gb
handbrake
pc mark
vrm
xtu
fse
aots
batman
tomb raider
gta v

Mobo ini patut di acungi jempol keatas dikarenakan mobo kelas pro series tapi desain seperti kelas gaming, dalam hal overclocking juga mobo ini sangat berkompeten, cpu core i9 7900x di oc ke 4,7 tidak mengalami throttle sama sekali, baik dari vrm power limit dan lainnya, Kita akan berpendapat mobo ini ke kelas performance gaming. Yang pasti, jika kalian akan melakukan overclocking pada CPU pastikan PSU kalian pada 8 pin power connector bisa mengeluarkan minimal 20 ampere, jika kalian bingung, cukup pilih PSU 750 watt keatas dengan sertifikasi minimal 80+ gold. Nah jika kalian memang tidak suka sama yang namanya RGB MSI punya juga pilihan lain bahkan lebih murah dari mobo ini, yaitu msi x299 raider.

Artikel Terkait: