8 Alasan Kalau iPhone 8 Bakal Menyerupai Smartphone Android

iPhone 8

Share

Apple telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengumumkan beberapa produk terbarunya Selasa besok dan mungkin diantaranya mungkin iPhone 8 (iPhone X atau iPhone Edition, tergantung rumor yang kalian dengar). Smartphone tersebut diperkirakan tidak akan seperti pendahulu sebelumnya untuk menghormati Ulang Tahun ke-10 iPhone. Jika banyak laporan yang sebelumnya telah lama beredar adalah benar, iPhone 8 mungkin saja memasukkan banyak fitur yang akan terlihat tidak seperti smartphone Apple dan lebih seperti perangkat Android lainnya.

Semua perusahaan smartphone terkenal untuk “meminjam” fitur lainnya dari kompetitor. Perusahaan Andoid seringkali merilis perangkat yang sangat susah sekali dibedakan dari iPhone pada zamannya dengan pengecualian branding. Secara keseluruhan, banyak perangkat yang dirilis terutama pada tahun 2017 memiliki banyak kesamaan dari sisi desain dan spesifikasi. iPhone 8 sepertinya tidak akan jauh berbeda dengan tren ini. Berikut adalah beberapa fitur yang menunjukkan bahwa iPhone secara perlahan tapi pasti mulai berubah menjadi kloningan Android.

Alasan Pertama: Layar OLED
iPhone 8 diperkirakan akan menggunakan layar OLED sebagai salah satu fitur pentingnya. Apple sudah lama menggunakan layar LCD untuk iPhone dan penggunaan layar tersebut telah menimbulkan kritikan terus menerus selama satu dekade terakhir. Banyak perusahaan Android menggunakan layar OLED karena kedalaman dan akurasi warna serta mampu meningkatkan efisiensi daya. Apple sendiri diharapkan untuk menggunakan panel OLED yang dibuat oleh Samsung untuk iPhone 8, tapi kedepannya, Apple mungkin saja menggunakan panel OLED dari LG atau mungkin akhirnya memproduksinya sendiri.

Alasan Kedua: Layar Lebih Besar
Hingga 2014, tidak ada namanya iPhone besar. Lalu Apple memasuki ranah phablet dengan iPhone 6 Plus. Sejak saat itu ada 2 generasi iPhone yang menggunakan layar besar dengan ukuran 5.5 inch, tapi rumor yang beredar mengatakan bahwa iPhone 8 mungkin menggunakan layar 5.1 inch, model pertama yang menggunakan ukuran ini. Apple dikenal sebagai perangkat dengan ukuran layar di bawah 5 inch, model terdahulu menggunakan layar 4 inch dan 4,7 inch. Tapi sekali lagi, perangkat Android dengan layar 5-inch menjadi hal yang sangat umum sekarang.

Alasan Ketiga: Bezel Tipis dan Tidak Ada Tombol Fisik Home
Mengikuti trend keseluruhan di industri smartphone, iPhone 8 mungkin juga mengikuti desain dengan bezel tipis dan tanpa tombol Home. Hal ini akan memungkinkan iPhone 8 dengan ukuran layar 5.1 inch memiliki layar 4.7 inch. Perangkat seperti Samsung Galaxy S8 sudah membuat desain jenis seperti ini menjadi desain umum, tapi Apple belum sekalipun menawarkan bentuk seperti ini. Gambar yang selama ini beredar mengindikasikan bahwa Apple mungkin saja menggunakan desain dengan bagian atas sebagai tempat sensor dan speaker, menyerupai desain smartphone Android Essential PH-1.

Alasan Keempat: Harga Tinggi
Perlu diingatkan, iPhone sendiri sudahlah mahal, tapi rumor berkata bahwa iPhone 8 mungkin saja memiliki harga jual mulai dari $1000. Laporan menyatakan hal ini terjadi karena Apple menggunakan panel OLED buatan Samsung yang saat ini memiliki monopoli terhadap layar jenis ini. Banyak smartphone Android memiliki harga yang serupa dengan layar sebagai salah satu komponen yang paling mahal. Galaxy Note 8 sendiri bahkan dijual dengan harga preorder di Indonesia Rp. 12.999.000. Banyak perangkat Android premium lainnya yang dimulai dengan harga $800. Apple sendiri biasanya memiliki harga yang dimulai antara $650 hingga $750.

Alasan Kelima: Tahan Air
Apple memperkenalkan perangkat tahan airnya, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dengan rating IP67 pada tahun 2016 setelah beberapa tahun perangkat Android merisil perangkat dengan rating antara IP65 dan IP68. Smartphone premium Android sekarang memiliki rating tahan air IP68 sehingga mampu direndam hingga kedalaman 1,5 meter di bawah air selama 30 menit. Rumor menyatakan bahwa iPhone 8 mungkin akan menggunakan IP68 dan sekali lagi menjadi tradisi baru bagi lini iPhone.

Alasan Keenam: RAM Besar
Sekarang ini banyak produsen Smartphone Android menggunakan memori dengan kapasitas antara RAM 4GB dan 8GB. Apple sendiri pertama kali menggunakan RAM 3GB untuk iPhone 7 Plus. iPhone 8 juga diperkirakan akan menggunakan RAM 3GB yang masih tergolong sangat memumpuni bagi smartphone premium. Namun apa daya teknologi semakin berkembang, iPhone akhirnya harus mengikuti tren RAM yang semakin membesar.

Alasan Ketujuh: Wireless Charging
Rumor beredar bahwa iPhone 8 mungkin saja mendukung fitur wireless charging, sebuah fitur yang sudah ada di perangkat premium Android selama beberapa tahun. Samsung  sebagai contohnya, mengubah desain smartphone dari polycarbonate menjadi kaca agar bisa menggunakan fitur wireless charging. Beberapa perangkat lainnya seperti Moto Z Force memerlukan attachment tambahan untuk bisa menggunakan wireless charging. iPhone 8 diperkirakan akan menggunakan body kaca agar bisa menggunakan wireless charging juga.

Alasan Kedelapan: Dual Camera
Apple mempopulerkan susunan Dual Camera ketika merilis iPhone 7 Plus di 2016; tapi ingat, HTC tetap bersikukuh bahwa dialah yang memperkenalkan pertama kali di tahun 2014 melalui produk HTC One M8. Sebelumnya juga Huawei P9 dilengkapi dengan Dual Camera beberapa bulan sebelum peluncuran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Artikel Terkait: