top banner ulasan top banner ulasan

AMD akan Mengganti Supplier untuk GPU Vega 20 7nm dan HBM2 Packaging untuk Vega 11

Vega

Persediaan AMD RX Vega telah jauh melampaui jumlah yang ada sejak pertama kali diluncurkan. Hal ini diakibatkan oleh beberapa alasan, terutama 2 alasan yang dilaporakan: peningkatan permintaan dari miner cryptocurrency yang sedang menunggu untuk memaksimalkan kepadatan hashrade single node dengan kemampuan yang menjanjikan untuk mining pada Vega; dan masalah yang diakibatkan oleh pertner pengemasan AMD Vega 10 HBM2, Advance Semiconductor Engineering (ASE). Diperkirakan bahwa produksi chip Vega 10 rendah karena memiliki ukuran die 484 mm2, sehingga lebih mudah terjadi cacat dibandingkan yang lebih kecil, sehingga mengurangi jumlah GPU yang bisa digunakan.

Partner produksi AMD, GlobalFoundries, memiliki sejarah sebagai salah satu sumber masalah yang dihadapi AMD. GlobalFoundries sepertinya berhasil bekerja dengan baik melalui Ryzen yang memiliki ukuran die kecil (192 mm2) untuk jumlah core tersebut. Tapi sepertinya Global Foundries mengalami masalah dengan penambahan ukuran die dan kompleksitas (yang sangat disayankan AMD, menjadi hal yang paling penting).

Vega

Karena beberapa faktor tersebut, sepertinya AMD sedang mencari pengganti produksi untuk kedua penyebab masalah: chip yield dan packaging yield. ASE yang sudah memiliki peningkatan 10% pendapatan untuk bulan Agustus dilaporkan bertanggung jawab untuk order pengemasan yang lebih kecil dengan Siliconware Precision Industri (SPIL) telah mengambil beberapa order pengemasan Vega 10, menjadi salah satu yang menerima order besar untuk Vega 11. Vega 11 sendiri diperkirakan menjadi versi mainstream dari arsitektur Vega, menggantikan Polaris pada seri RX 500. Vega 11 juga menyertakan HBM2 memory dalam desainnya menggantikan memory GDDR5. Melihat bahwa harga HBM2 dibandingkan dengan GDDR, mungkin banyak orang yang skeptikal hal ini akan terwujud. Tapi jikapun benar terjadi, Vega 11 akan menyertakan HBM2 untuk pasar mainstream, kita akan membicarakan lebih lanjut saat hal tersebut muncul.

Sedangkan untuk masalah die yield, AMD dilaporkan akan mengganti supplier utama untuk Vega 20 7mm berkemampuan AI dari GlobalFoundries ke Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), yang sebelumnya sudah mengamankan pesanan untuk chip AI dari Nvidia dan Google. Teknologi TSMC 7mm dan CoWoS (Chip on Wafer on Substrate) sepertinya terbukti cukup sehingga AMD mengubah suppliernya.

Artikel Terkait:

Share